Komoditas Ekspor Impor Afrika Selatan

Komoditas Ekspor Impor Afrika Selatan

Komoditas ekspor impor Afrika Selatan menjadi salah satu alasan menguntungkan untuk dalam negeri. Kegiatan perdagangan lintas negara tentunya menjadi suatu langkah untuk menjamin kebutuhan dalam negeri masing – masing.

Tidak setiap negara dapat memproduksi barang yang disediakan untuk memenuhinya. Dan tentunya setiap negara memiliki keunikan berbeda – beda.

Oleh karena itu setiap negara memiliki hubungan kerja sama dalam bidang perdagangan ekspor impor. Hubungan erat antar negara tentunya membawa beberapa kesepakatan sama – sama menguntungkan pihak – pihak terkait.

Kerja sama antar negara juga harus dilakukan karena adanya perbedaan ekologis setiap negara. Negara dengan iklim gurun akan membutuhkan bantuan air bersih dan obat – obatan, dan negara iklim sub tropis akan membutuhkan bantuan minyak dari negara gurun tersebut.

Kerja sama terjalin tentunya akan berpengaruh pada regulasi setiap negara, dan keadaan suhu politik. Negara memiliki perjalanan historis secara bersama akan cenderung saling melengkapi dengan baik.

Negara Afrika Selatan pastinya memiliki banyak cara agar komoditas ekspor impor Afrika Selatan memiliki posisi harga yang tinggi. Dalam usahanya tersebut nantinya melahirkan imbalan yang disepakati kedua pihak negara.

Kesamaan identitas negara juga sangat berpengaruh, seperti kesamaan mayoritas agama, ras, dan ideologis. Pandangan politik yang searah juga dijadikan cara agar mencari sekutu dalam perdagangan.

Salah satu negara yang memiliki hubungan erat dengan Indonesia adalah Afrika Selatan. Ada beberapa kesamaan membuat kedua negara ini menjalin kerja sama erat salah satunya adalah kesamaan nasib.

Keeratan Kerja Sama Afrika Selatan dan Indonesia

Keeratan Kerja Sama Afrika Selatan dan Indonesia
gambar: pixabay

Kekerabatan antara negara tersebut dan Indonesia telah berlangsung lama. Kedekatan kedua negara ini dikarenakan latar belakang yang sama yaitu sama – sama pernah dijajah bangsa kolonial dan merdeka dari penindasan ras.

READ  Komoditas Ekspor Impor Vietnam

Belum lagi terkait sejarah politik dalam negeri yang bersama dengan negara – negara Afrika dalam gerakan Non Blok. Perjalanan sejarah tersebut membawa Indonesia dan Afrika Selatan memiliki rasa saling memahami.

Negara tersebut sendiri kaya penghasil barang tambang. Kegiatan komoditas ekspor impor Afrika Selatan sendiri mencapai kurang lebih 90 miliar Dolar Amerika setiap tahunnya.

Keberhasilannya dalam bidang pertambangan menjadikan ekspor utama Afrika Selatan adalah emas, berlian, dan tembaga. Bahkan menjadi negara Afrika terkaya sekarang.

Keeratan keduanya juga erat dikarenakan adanya tokoh sejarah yang diasingkan ke sana. Hal terebut tentunya membuat adanya kesamaan corak budaya Melayu di sana.

Oleh sebab itu banyak barang dagang berupa makanan cocok untuk lidah masyarakat setempat. Bahan – bahan hasil pertanian terbukti laris dijual di sana seperti minyak kelapa, buah, dan sayur mayur.

Bahkan terkenal akan kelezatan cita rasanya lewat mie instan sangat laku keras di sana. Hal tersebut tentunya membuka pintu komoditas ekspor impor di Afrika Selatan lebih luas dikarenakan Indonesia mulai dikenal baik.

Komoditas Impor Negara Afrika Selatan dari Indonesia dan Sebaliknya

Komoditas ekspor impor Afrika Selatan tentunya menjadi peluang besar bagi Indonesia. Terlebih terkait industri bahan pangan dan otomotif. Hal terebut dikarenakan dalam negeri kelebihan produksi suku cadang kendaraan bermotor.

Begitu juga dengan negara tersebut, menyambut baik kedatangan produk berkualitas tinggi. Karena bisa dijadikan pintu awal masuknya Indonesia di pasar benua tersebut.

Salah satu barang cukup laris memasuki negara tersebut adalah minyak dari kelapa sawit. Hal tersebut dikarenakan dalam negeri sangat gencar membuat lahan sawit dan kelebihan produksi.

Belum lagi terkait bidang pertanian dan perkebunan menjadi barang penunjang kebutuhan pokok di sana. Berbagai jenis kopi, teh, sayur, dan buah dari dalam negeri banyak tersedia di berbagai rumah tangga, mengingat daerah Afrika yang sedikit curah hujannya sehingga lamban dalam pertanian.

READ  Negara Tujuan Ekspor Indonesia

Berikutnya adalah pakaian, di mana selera masyarakat negara tersebut suka dengan baju terlihat modis, tetapi biasa digunakan pada iklim panas. Oleh sebab itu pakaian produksi dalam negeri dengan mudah menguasai negara tersebut.

Komoditas ekspor impor Afrika Selatan terhadap Indonesia adalah obat – obatan dan berbagai produk kesehatan, bahkan seperti jamu. Kesamaan adanya musim kemarau juga membuat adanya kesamaan penyakit seperti malaria dan demam berdarah, oleh sebab itu obat laku di pasaran.

Barang – barang dalam negeri yang berseni tinggi seperti batik dan ukiran, juga banyak dikenal oleh masyarakat Afrika Selatan. Bahkan Batik sudah banyak digunakan oleh masyarakat dalam beberapa acara resmi.

Sebaliknya negara tersebut banyak mengirimkan beberapa barang ekspor seperti berlian ke Indonesia. Terlebih banyak masyarakat yang menyukai kemewahan barang asli untuk perhiasan.

Selain itu ada juga beberapa hiasan dan aksesori yang khas dari suku – suku di Afrika dikirim ke Indonesia. Berbagai ukiran unik dan natural banyak diincar kolektor dalam negeri.

Kebijakan Pemerintah Mendorong Ekspor Impor Indonesia dengan Afrika Selatan

Kebijakan Pemerintah Mendorong Ekspor Impor Indonesia dengan Afrika Selatan
gambar: pixabay

Keseriusan dalam mendalami komoditas ekspor impor Afrika Selatan bukan sembarangan. Hal tersebut dianggap menjadi strategis karena benua Afrika merupakan pasar besar yang cukup konsumtif.

Salah satu langkah yang dilakukan pemerintah adalah melakukan pertemuan dengan berbagai persatuan pengusaha di Afrika Selatan untuk bekerja sama dalam dagang Komoditas Ekspor Impor di Afrika Selatan.

Indonesian Trade and Promotion Centre sebagai organisasi dagang Indonesia berusaha menemui para importir dari Afrika Selatan. Hal terbut guna melakukan berbagai kerja sama agar berbagai produk Indonesia bisa masuk.

Pertemuan tersebut memberikan dorongan kepada importir untuk bisa menemui beberapa pengusaha di Indonesia yang kerap mengekspor barang kebutuhan. Acara tersebut juga sekaligus mempromosikan barang – barang Indonesia yang terkenal bagus kualitasnya.

Pemerintah Indonesia berusaha mendengar berbagai masukan terkait komoditas ekspor impor Afrika Selatan yang telah berlangsung. Tanggapan baik tentunya diberikan atas kualitas barang Indonesia yang baik.

READ  Potensi Komoditas Ekspor Sulawesi Selatan

Pertemuan tersebut sekaligus memasarkan review kepada para pengusaha Afsel lain agar ikut melakukan pembelian dari Indonesia. Pertemuan tersebut diharap ikut mengenalkan potensi Indonesia kepada masyarakat setempat.

Kelebihan dan Kekurangan Kegiatan Dagang Indonesia dan Afrika Selatan

Kelebihan dan Kekurangan Kegiatan Dagang Indonesia dan Afrika Selatan
gambar: pixabay

Salah satu tantangan terbesar sekaligus kekurangan dalam kegiatan dagang komoditas ekspor impor Afrika Selatan adalah jarak tempuh yang cukup jauh. Hal tersebut membuat produk Indonesia yang dipasarkan di sana harus menanggung biaya tambahan cukup besar.

Belum lagi terkait barang – barang Indonesia yang memiliki harga bahan baku lebih mahal, sehingga kerap kalah saing dengan produk serupa. Alhasil para eksportir harus mengecilkan harga terlebih dahulu.

Bisa dilihat bahwa produk Indonesia memang menang dalam segi kualitas tetapi harga yang dibayarkan harus sedikit mahal. Hal tersebut membutuhkan promosi yang baik dan benar agar produk Indonesia tetap diminati.

Kekurangan lain adalah adanya Pandemi Covid – 19 yang membuat adanya pembatasan pengiriman barang demi mencegah penularan. Hal tersebut tentunya menurunkan semangat beli masyarakat karena harga yang dibayar akan lebih mahal.

Di samping kekurangan ada kelebihan lain, seperti adanya beberapa kesepakatan yang membuat produk Indonesia dikenakan bea masuk yang cukup murah. Terlebih dengan barang pokok seperti obat – obatan dan juga bahan pangan.

Kelebihan lain terletak pada infrastruktur Afrika Selatan yang memiliki pelabuhan sangat besar. Sehingga produk yang dikirim bisa dalam jumlah banyak sekaligus.

Belum lagi jalur yang aman dan ramai membuat pengiriman terkendali tanpa khawatir dicuri oleh perompak. Sehingga jaminan keamanan akan lebih terjaga.

Berbagai kemudahan ditawarkan dan pemerintah kedua negara harus bisa memutar otak agar penjualan tidak merugikan pihak manapun. Bahkan termasuk promosi dan penurunan biaya pajak demi meningkatkan komoditas ekspor impor Afrika Selatan dengan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FAST RESPONSE

If you have any questions about our services, we would love to hear from you. Please Call Us Today.

CONTACT US

18 Office Park 10th A Floor TB Simatupang Street No. 18, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

+62-812-9031-1909