Potensi Komoditas Ekspor Timor Leste

Potensi Komoditas Ekspor Timor Leste

Potensi komoditas ekspor Timor Leste sebenarnya paling banyak berada pada sektor pertanian. Jika dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lain, maka Timor Leste berada pada posisi paling bawah.

Negara yang umurnya belum lama tersebut masih mengembangkan sistem ekonomi demi mampu bersaing dengan negara-negara lain.

Salah satunya adalah meningkatkan hasil produksi pertanian karena ini merupakan potensi paling besar. Dari segi pembangunan manusia juga masih belum sepenuhnya terbangun karena tingkat ekonomi masih rendah.

Bahkan tidak jarang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat sekitar harus membeli dari produk penduduk di perbatasan negara.

Apalagi teknologi modern sekalipun belum sepenuhnya dimaksimalkan karena kurangnya sumber daya manusia. Hanya potensi alam seperti pariwisata dan pertanian yang menjadi komoditas utama.

Beberapa hasil pertanian menjadi prioritas utama karena memiliki produksi cukup besar. Berikut adalah beberapa potensi alam yang bisa di ekspor Timor Leste.

Potensi dari Sektor Produksi Holtikultural

Potensi dari Sektor Produksi Holtikultural
gambar: pixabay

Sektor holtikultural menjadi sektor paling penting mengingat Timor Leste juga termasuk negara agraris. Banyak hasil holtikultural yang di jual ke luar negeri, termasuk Indonesia dan negara tetangga sekitar.

1. Produksi sayuran

Hasil holtikultural berupa sayuran merupakan salah satu potensi komoditas ekspor Timor Leste yang cukup besar. Kebiasaan masyarakat yang hidup bertani membuat banyak sayuran dibudidayakan.

Beberapa selain untuk konsumsi dalam negeri namun juga di jual ke luar negeri, misalnya adalah daerah Nusa Tenggara.

Beberapa sayuran yang sering di jual ke Indonesia adalah seperti sayur kol, sawi putih, dan sejenisnya.

Biasanya masyarakat lokal menjualnya di daerah perbatasan karena lebih mudah bertemu dengan pembeli secara langsung.

READ  Perbedaan Ekspor dan Impor

2. Buah-buahan

Buah-buahan juga menjadi salah satu komoditas ekspor pertanian Timor Leste yang cukup besar.

Potensinya sangat besar karena banyak masyarakat lokal menanam di ladang milik mereka.

Beberapa buah-buahan bisa ditemui secara bebas dalam jumlah besar di pusat kota sebagai hasi dari pertanian milik negara.

Buah-buahan seperti pisang dan mangga adalah beberapa jenis yang paling banyak dijumpai. Beberapa jenis pisang cukup mudah ditemui karena memang menjadi hasil pertanian paling besar.

Terutama bagi masyarakat di daerah pedesaan Timor Leste. Biasanya mereka menjualnya ke pasar-pasar di perbatasan dengan Indonesia.

3. Produksi Lainya

Potensi komoditas ekspor Timor Leste juga ada pada beberapa olahan holtikultualnya. Biasanya olahan berupa makanan jadi seperti camilan atau sejenisnya.

Masyarakat lokal memiliki beberapa olahan tradisional dari sayur maupun buah-buahan.

Kebanyakan juga masyarakat lokal menjualnya ke daerah perbatasan atau hanya sekedar melakukan pertukaran.

Potensi dari Hasil Sektor Perkebunan

Potensi dari Hasil Sektor Perkebunan
gambar: pixabay

Potensi komoditas ekspor Timor Leste juga ada pada hasil perkebunan yang cukup banyak. Beberapa hasil pertanian seperti kopi hingga vanila cukup banyak dihasilkan dari perkebunan rakyat atau industri.

1. Kopi

Ekspor kopi Timor Leste sudah dilakukan sejak lama diminati karena memiliki rasa khas. Biasanya ekspor kopi dilakukan oleh penadah yang mengumpulkan kopi dari beberapa petani.

Setelah terkumpul maka kopi tersebut akan di jual ke negara lain dengan selisih harga cukup tinggi dari biasanya.

Karena ekspor kopi dilakukan dengan cara mengumpulkan dari banyak lokasi, maka rasa yang diberikan juga sedikit unik. Ada perpaduan dari berbagai rasa kopi dalam satu kemasan yang membuat banyak orang tertarik. Biasanya kopi-kopi tersebut didapatkan dari ketinggian 1.100 hingga 1.300 mdpl di seluruh tempat.

2. Vanili

Tanaman vanili asal Timor Leste juga cukup populer di pasar internasional. Vanili menjadi salah satu dari sekian banyak potensi komoditas ekspor Timor Leste.

READ  Pengertian Door to Door dan Port to Port

Meskipun biasanya perkebunan hanya milik masyarakat lokal, namun hasilnya juga cukup lumayan. Setidaknya mampu menembus pasar di beberapa negara seperti Asia.

Sama seperti kopi, vanili juga dikumpulkan dari para petani dari berbagai tempat. Hal tersebut dilakukan karena hampir tidak ada perkebunan vanili skala besar yang dibangun.

Kebanyakan adalah miliki perusahaan dengan tujuan tertentu. Karena itu juga ekspor vanili masih belum sepenuhnya bisa dimaksimalkan oleh pemerintah.

3. Biji-bijian

Biji-bijian seperti kacang juga menjadi salah satu produk yang sering di jual ke luar negeri oleh pemerintah Timor Leste. Kondisi geografis yang hampir sama dengan Indonesia membuatnya banyak ditemui jenis biji-bijian.

Penduduk lokal masih menerapkan sistem pertanian tradisional untuk mengelola dan memanen setiap hasil pertanian.

Potensi dari Sektor Bahan Pokok

Potensi dari Sektor Bahan Pokok
gambar: pixabay

Tidak jarang masyarakat lokal juga melakukan penjualan bahan pokok ke negara tetangga seperti Indonesia.

1. Padi

Meskipun beberapa tahun lalu sempat mengalami masalah ekonomi cukup serius, namun Timor Leste cukup cepat bangkit.

Hanya dalam beberapa tahun saja ekonomi negara mampu tumbuh dengan cepat. Beberapa masyarakat juga diberikan pembekalan dan pelatihan untuk menghasilkan beberapa produk berkualitas untuk tujuan ekspor ke luar negeri.

Padi menjadi salah satu potensi komoditas ekspor Timor Leste yang cukup besar. Memang secara kondisi geografis tidak jauh berbeda dengan Indonesia sehingga padi juga banyak tumbuh.

Beberapa daerah juga memiliki kualitas serta mutu produksi kelas atas. Karena itu padi juga mampu menembus pasar global

2. Umbi-umbian

Ekspor pertanian Timor Leste juga didapatkan dari umbi-umbian yang cukup banyak ditemui. Masyarakat desa memiliki cukup banyak jenis tanaman yang bisa menghasilkan.

Meskipun ladang mereka tidak terlalu luas namun hasilnya cukup maksimal. Hal tersebut karena perhatian pemerintah yang sangat besar untuk meningkatkan taraf ekonomi penduduk.

Ada banyak sekali jenis umbi-umbian yang dihasilkan oleh petani lokal seperti ketela pohon dan sejenisnya. Biasanya pihak terkait akan melakukan ekspor dalam berbagai bentuk.

READ  Kebijakan Perdagangan Internasional

Namun yang paling sering adalah hasil olahan dari umbi-umbian. Hal tersebut supaya nilai jual menjadi lebih tinggi dan menguntungkan negara.

3. Jagung

Jagung juga cukup banyak ditemui baik dari kebun penduduk atau milik korporasi negara. Tentu saja potensi komoditas ekspor Timor Leste berupa jagung sudah tidak perlu diragukan lagi.

Apalagi banyak negara sudah mengakui kualitas dan mutu jagung Timor Leste.

Potensi dari Beberapa Sektor Lain

Beberapa sektor seperti peternakan, perikanan, dan kehutanan pada dasarnya juga termasuk dalam kategori pertanian.

1. Perhutanan

Sektor kehutanan di Timor Leste pada dasarnya masih belum dimanfaatkan secara maksimal. Masalah kurangnya kualitas sumber daya manusia menjadi salah satu faktor yang menghambat.

Namun beberapa waktu lalu ada kerjasama dengan Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan nilai mutu dan kualitas sumber daya manusia Timor Leste.

2. Peternakan

Potensi komoditas ekspor Timor Leste juga ada pada sektor peternakan milik penduduk. Banyak peternakan seperti babi, kerbau, unggas, dan kambing cukup untuk menembus pasar internasional.

Apalagi tidak ada syarat khusus perdagangan internasional dalam sektor peternakan.

3. Perikanan

Perikanan di Timor Leste juga sudah mulai maju dengan banyaknya hasil tangkapan laut.

Secara geografis memang ada banyak potensi tersembunyi yang bisa digali. Terutama daerah selatan yang memiliki hasil laut sangat berlimpah seperti ikan tuna dan sejenisnya.

Meskipun belum lama berdiri sebagai sebuah negara, namun perkembangan ekonominya sudah terlihat baik. Aktif melakukan kerjasama dengan negara tetangga membuat pembangunan menjadi lebih cepat.

Apalagi ditambah dengan adanya berbagai potensi komoditas ekspor Timor Leste dari beberapa sektor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FAST RESPONSE

If you have any questions about our services, we would love to hear from you. Please Call Us Today.

CONTACT US

18 Office Park 10th A Floor TB Simatupang Street No. 18, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

+62-812-9031-1909