Komoditi Indonesia yang Diekspor ke Australia

Komoditi Indonesia yang Diekspor ke Australia

Komoditi Indonesia yang diekspor ke Australia memiliki jenis cukup beragam. Terlebih dengan lokasi strategis kedua negara saling berdekatan. Produk Indonesia juga tidak kalah saing dengan barang di dunia.

Pada kegiatan perdagangan skala internasional banyak negara telah bekerja sama dengan Indonesia termasuk salah satunya yaitu Australia. Berbagai produk unggulan telah dikirim ke negara kanguru tersebut.

Jenisnya sangat beragam dari mulai pangan hingga kebutuhan lain. Tidak hanya ke negeri kanguru, berbagai barang juga dikirim ke negara lain sebab sumber daya alam dimiliki bisa dikatakan berlimpah.

Kegiatan ekspor maupun import memiliki manfaat cukup banyak utamanya dalam peningkatan nilai perekonomian. Dalam lingkup nasional berdampak positif terhadap neraca perdagangan.

Kegiatan ekspor impor Australia, utamanya berhubungan dengan Indonesia memiliki jenis tertentu. Aktivitas perdagangan tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor, tidak hanya didasari untuk memenuhi kebutuhan domestik.

Hubungan bilateral utamanya dalam bidang perdagangan memberikan pengaruh besar. Terlebih hubungan kedua negara sudah terjalin sejak lama dengan faktor geografis sebagai alasan utamanya.

Dengan begitu Indonesia mencatat telah mengirimkan banyak barang ke negeri kanguru tersebut. Kerjasama terjalin tidak hanya dalam hal perdagangan namun juga pertahanan antar negara.

Kegiatan perdagangan memberikan dampak baik dalam peningkatan ekonomi dan pemenuhan kebutuhan domestik antar kedua negara.

Daftar Komoditi Indonesia yang Diekspor ke Australia

Daftar Komoditi Indonesia yang Diekspor ke Australia
gambar: pixabay

Selama beberapa tahun terakhir, Indonesia telah mengirimkan berbagai produk unggulannya ke pasar Australia. Sehingga kegiatan ekspor ke negeri kanguru tersebut memberi peluang untuk Indonesia memperluas pasar.

Aktivitas ekspor juga sangat membantu memperkenalkan produk Indonesia ke lingkup internasional. Jenis barang ekspor sangat beragam dari mulai hasil alam hingga otomotif.

See also  Potensi Komoditas Ekspor Timor Leste

Berikut beberapa daftar komoditas ekspor Indonesia ke pasar Australia:

1. Kayu Olahan

Kerajinan kayu Indonesia telah terkenal luas di mancanegara tidak terkecuali Australia. Oleh sebab itu, olahan kayu menjadi salah satu produk unggulan ekspor.

Ada dua jenis tipe kayu ekspor Indonesia yaitu dalam bentuk produk dan ukiran. Penyumbang produk kayu tersebar yaitu dari Papua sementara untuk ukiran adalah Jepara, Jawa Tengah.

2. Produk Otomotif

Komoditi Indonesia yang diekspor ke Australia salah satu yaitu kendaraan bermotor. Selama beberapa tahun terakhir negeri kanguru sudah tidak memproduksi mobil sehingga membuka peluang bagi produsen Indonesia dalam mengirim kendaraan bermotor.

3. Kopi dan Minyak Kelapa

Indonesia terkenal sebagai negara penghasil kopi dan minyak kelapa berkualitas baik. Tidak heran jika kedua komoditas tersebut menjadi andalan dalam dilakukannya ekspor.

Daerah Sumatera seperti Lampung, Riau dan Aceh menjadi penghasil kopi terbaik. Sementara produksi minyak kelapa tersebar di Sumatera hingga Sulawesi.

4. Perhiasan

Komoditi Indonesia yang diekspor ke Australia lainnya yaitu perhiasan. Sebagai negara dengan sumber daya melimpah, Indonesia menghasilkan perhiasan dalam jumlah cukup tinggi.

Berbagai perhiasan tersebut yaitu emas, mutiara serta logam mulia lain. Martapura dikenal sebagai daerah penghasil emas cukup besar di Indonesia.

Selain beberapa jenis komoditas tersebut, masih ada banyak barang lain dikirim ke negeri kanguru. Namun komoditas diatas menjadi salah satu produk unggulan Indonesia untuk pasar internasional.

Cara Ekspor ke Australia Sesuai Aturan

Cara Ekspor ke Australia Sesuai Aturan
gambar: pixabay

Agar produk dapat dikirim ke Australia ada beberapa tahapan perlu dilakukan. Cara tersebut juga perlu diketahui oleh pengusaha yang berencana untuk melakukan ekspor ke negara satu ini.

Berikut cara serta tahapan dalam melakukan ekspor agar produk diterima:

1. Melakukan Pelabelan

Komoditi Indonesia yang diekspor ke Australia harus dilabeli. Sementara itu tata cara pelabelan untuk produk akan dikirim harus mengikuti ketetapan dari departemen bea Australia.

See also  Cara Memasarkan Produk ke Luar Negeri Online

Terdapat regulasi perlu dilewati agar produk dapat diedarkan kepada pasar negeri kanguru.

2. Jaminan

Hukum konsumen Australia mengatur penjualan produk harus sesuai dengan deskripsi. Selain itu, harus ada garansi serta refund pada jenis produk yang dijual.

Kesepakatan dalam kompensasi meliputi proses refund, pembatalan pembelian, kompensasi atas kerusakan maupun kehilangan.

3. Keamanan Produk

Pemasar maupun produsen perlu menjamin keamanan produk yang dijual. Penjaminan keamanan komoditas biasanya meliputi pemenuhan standard keamanan dan peringatan penggunaan untuk mencegah terjadinya kerusakan.

Agar barang diterima, terdapat beberapa persyaratan harus dipenuhi. Ketentuan tersebut umumnya dilakukan untuk melindungi konsumen supaya tidak dirugikan.

Persyaratan Ekspor ke Australia yang Harus Diketahui

Pemenuhan standar mutu bagi pemasar maupun produsen menjadi suatu hal yang penting untuk diketahui utamanya pada produk makanan. Sementara itu, Australia menerapkan peraturan impor yang ketat untuk memastikan keamanan barang.

Terdapat setidaknya dua regulasi yang perlu dilewati sebelum produk bisa dipasarkan. Pertama yaitu lolos uji kelayakan dan keamanan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Produk yang dikirim setidaknya harus memiliki standar keamanan sama dengan dalam negeri. Terdapat persyaratan mutu, kemasan serta label yang juga harus dipenuhi.

Komoditi Indonesia yang diekspor ke Australia memiliki persyaratan untuk mencantumkan label ke produk. Dalam labeling perlu memuat penjelasan mengenai barang.

Australia mewajibkan negara pengimpor untuk mencantumkan keterangan pada produk yang meliputi nama importir, nomor lot, peringatan dan keterangan resmi, negara pengirim, serta jangka waktu penggunaan utamanya jenis makanan.

Persyaratan lain yang juga perlu diperhatikan yaitu berat bersih pada produk makanan dan daftar kandungan sebagai bagian dari allergy warnings.

Saluran Distribusi Komoditi Indonesia yang Diekspor ke Australia

Saluran Distribusi Komoditi Indonesia yang Diekspor ke Australia
gambar: pixabay

Saat komoditas dikirim ke luar negeri, ada beberapa saluran distribusi perlu dilewati. Sebab proses distribusi memiliki peranan penting terhadap kesuksesan penjualan barang di luar negeri.

See also  Harga Minyak Sereh Kualitas Ekspor

Sementara itu, di Indonesia menerapkan berbagai kebijakan mengenai saluran pemasaran utamanya untuk kegiatan ekspor. Pemilihan agen pemasaran di luar negeri juga memiliki peranan yang cukup penting.

Oleh sebab itu pencarian agen distribusi perlu dilakukan dengan melihat jaringan pemasarannya. Selain itu, kinerja serta spesifikasi juga perlu untuk diketahui.

Tahapan yang perlu dilalui oleh pengekspor Indonesia sendiri yaitu memiliki proses kontrak penjualan. Dokumen ini harus dimiliki sebagai bentuk persetujuan dilakukannya proses jual dan beli.

Setelah proses kontrak penjualan akan dilanjutkan order pembelian. Dimana memuat berbagai jenis produk, serta jumlah produk yang akan diekspor.

Komoditi Indonesia yang diekspor ke Australia juga harus melalui proses pembukaan L/C atau letter of credit. L/C memiliki tiga tahapan diantaranya yaitu pembukaan bank devisa.

Tahapan selanjutnya yaitu pembukaan letter of credit setelah memperoleh persetujuan. Letter of credit akan dikeluarkan jika dokumen lolos pemeriksaan.

Setelah L/C berhasil, terdapat berbagai tahapan lain yang meliputi proses pengiriman menggunakan kapal kargo sesuai sales contract. Langkah ini menjadi salah satu paling penting selama proses ekspor.

Langkah terakhir yaitu proses shipping document negotiation. Pengekspor perlu menyiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan dalam proses pengiriman barang.

Kegiatan ekspor dan impor memiliki tujuan untuk meningkatkan perekonomian dan pemenuhan kebutuhan. Namun selama proses tersebut, eksportir maupun importir juga perlu mengikuti regulasi yang ada.

Sebagai salah satu negara eksportir, Indonesia memiliki beragam produk unggulan, terutama dalam hal hasil alam. Komoditi Indonesia yang diekspor ke Australia banyak jenisnya mulai dari hasil alam, tambang hingga produk otomotif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FAST RESPONSE

If you have any questions about our services, we would love to hear from you. Please Call Us Today.

CONTACT US

18 Office Park 10th A Floor TB Simatupang Street No. 18, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

+62-812-9031-1909