Harga Minyak Nilam Kualitas Ekspor

Harga Minyak Nilam Kualitas Ekspor

Harga minyak nilam kualitas ekspor mengalami peningkatan pesat. Ini terjadi karena Indonesia sendiri menguasai pasar nilam dunia.

Tercatat, hampir 95 persen pasar nilam dikuasai oleh negeri ini. Kondisi tersebut tentu tidak main-main.

Jika bisa dimaksimalkan dengan lebih baik, kebutuhan banyak warga bisa dipenuhi oleh bidang ini.

Masalahnya, kebanyakan warga di wilayah nusantara kurang memiliki kecerdasan dalam memanfaatkan peluang.

Kebanyakan dari mereka tidak memberikan perhatian lebih terhadap peluang ekspor impor.

Dalam berbisnis, kebanyakan lebih mengutamakan persaingan di pasar lokal dimana tingkat kesulitannya cukup besar.

Akan lebih mudah jika melirik ke pasar internasional mengingat persaingannya belum terlalu besar. Dengan tingginya harga minyak nilam kualitas ekspor, bidang ini jelas harus diperhatikan.

Namun, ada banyak orang yang belum mengetahui tentang bidang ini. Oleh sebab itu, berikut penjelasan lebih lanjut mengenai bidang tersebut.

Apa Itu Sebenarnya Minyak Nilam?

Apa Itu Sebenarnya Minyak Nilam
gambar: wanita22

Minyak nilam adalah satu satu jenis dari minyak atsiri. Bahan dasarnya sendiri adalah sebuah semak tropis dengan nama sama.

Minyak tersebut akan didapat ketika proses ekstraksi dilakukan terhadap bagian daunnya. Di negara luar, namanya sering disebut sebagai minyak Patchouli. Patchouli sendiri berasal dari bahasa India.

Artinya adalah mengharumkan. Nama tersebut diberikan sejak abad 19. Ketika itu, perdagangan kain India cukup baik dan sukses mencapai banyak wilayah.

Salah satu ciri kain khas India terletak pada wanginya. Ketika dicium, kain khas India memiliki tingkat keharuman tinggi. Itu terjadi karena sebelumnya kain-kain tersebut disemprot dengan patchouli.

Darisana, ada banyak orang berminat untuk memakainya ke pakaian pribadi. Semakin kemari, minat orang untuk menggunakannya ke pakaian semakin besar.

READ  Pertanyaan Seputar Letter of Credit

Banyaknya peminat itu menjadi salah satu alasan tingginya harga minyak nilam kualitas ekspor.

Walaupun Indonesia memiliki ekspor nilam paling tinggi, tanamannya sendiri tidak eksklusif hanya tumbuh di Indonesia.

Banyak daerah lain di Asia yang juga bisa menanamnya seperti Malaysia dan China. Bahkan, beberapa wilayah benua Amerika seperti Brasil juga bisa menanamnya.

Di Indonesia sendiri, populasi terbanyak berada di Aceh. Bisa dibilang, Aceh merupakan pusat perkebunan tanaman tersebut di Indonesia.

Namun karena harga minyak nilam kualitas ekspor sangat tinggi, beberapa daerah mulai menaruh minat tinggi untuk menanamnya.

Sekarang, beberapa daerah di pulau Jawa seperti Solo dan Jogja juga menanamnya. Bahkan beberapa waktu lalu, perkebunannya sendiri cukup besar di wilayah kalimantan.

Namun jika dilihat, perkembangan industri dari bahan dasar minyak nilam ini masih dalam tahap perkembangan.

Oleh karena itu, kemungkinan bagi seseorang untuk berperan di dalamnya sangat terbuka. Bagi Anda yang berasal dari wilayah dataran tinggi, semak tropis tersebut sangat mudah untuk ditanam.

Tingginya Harga dari Produk Tersebut

Tingginya Harga dari Produk Tersebut
gambar: misterexportir

Harga minyak nilam kualitas ekspor terbilang sangat tinggi. Namun, jual beli dari ekspor minyak nilam sendiri tidak dilakukan per kilo. Namun, harganya dilakukan untuk satuan per sepuluh kilo.

Untuk sepuluh kilo produk tersebut, konsumen perlu mengeluarkan uang senilai 7,4 juta rupiah. Harganya akan mengalami penurunan jika hitungannya dilakukan per tiga puluh kilo.

Untuk 30 kg produk tersebut, harganya hanya 21,75 juta rupiah. Jika ditotalkan, perbedaan harga untuk produk per sepuluh kilo dan per tiga puluh kilo cukup jauh.

Dengan harga 7,4 juta per sepuluh kilo, harganya mencapai 740 ribu rupiah jika dirubah per kilo. Namun untuk besaran per tiga puluh kilo, terhitung harganya hanya 725 ribu rupiah per kilo.

Selisih 15 ribu termasuk memang cukup besar jika melihat pemesanan yang biasanya dilakukan dalam jumlah banyak.

READ  Pengertian Certificate Of Analysis

Untuk penjualan dalam negeri sendiri, harga minyak nilam kualitas ekspor sedikit lebih mahal.

Besarannya mencapai 750 ribu rupiah per kilo. Ini terjadi karena di dalam negeri produk tersebut dijual tanpa batas minimum.

Namun di dalam negeri, biasanya produk berkualitas ekspor jarang digunakan. Produk yang dipakai biasanya adalah yang dikhususkan untuk keperluan dalam negeri.

Sebenarnya, produk untuk keperluan dalam negeri sendiri merupakan grade A. Hanya saja, produk ekspor memiliki grade A plus.

Harga minyak nilam kualitas ekspor tentu berbeda dengan produk untuk dalam negeri. Produk grade A memiliki harga sekitar 600 ribu rupiah per kg.

Perbedaan harganya tentu sangat jauh apabila dibandingkan dengan produk ekspor minyak nilam Indonesia.

Bahkan, harganya jauh lebih murah jika dibeli untuk satuan per sepuluh kilo atau per tiga puluh kilo.

Untuk satuan per sepuluh kilo, harga per kilonya turun 10 ribu menjadi 590 ribu rupiah. Besaran tersebut mengalami penurunan lebih besar lagi untuk satuan per tiga puluh kilo.

Penurunannya mencapai 15 ribu karena harga satuan per tiga puluh kilonya adalah 575 ribu rupiah.

Manfaat Utama dari Minyak Nilam

Manfaat Utama dari Minyak Nilam
gambar: acehtrend

Tingginya Harga minyak nilam kualitas ekspor tentu didasari oleh banyaknya manfaat yang akan didapat. Perlu diketahui bahwa nilam memiliki sifat khas dari segi bau bernama woodsy.

Woodsy ini adalah campuran yang begitu dibutuhkan oleh setiap produsen parfum kelas dunia. Dengan adanya woodsy, sebuah parfum wanginya bisa tahan lebih lama.

Hal ini jelas menjadikan perbedaan antara parfum kelas dunia dengan parfum biasa di pasaran.

Apabila kandungan nilam ini tidak dimiliki, sulit bagi parfum kelas dunia tersebut untuk mempertahankan wanginya dalam waktu lama.

Hal ini jelas akan membuat konsumen memutuskan lari ke produsen lain.

READ  Jenis-Jenis Kargo

Alasan lain mengapa harga minyak nilam kualitas ekspor sangat tinggi terletak pada kegunaan minyak nilam sebagai aroma terapi.

Bisa dibilang, aroma terapi yang menjadikannya sebagai bahan dasar bisa digunakan kapanpun dan dimanapun. Alasan pertama dari hal ini adalah karena kondisi rileks yang diciptakan.

Ketika seseorang menggunakannya sebagai aroma terapi, wewangiannya akan membuat otak menjadi tenang. Namun, seseorang tidak perlu malu untuk menggunakannya.

Itu karena, aroma mewah tetap dimiliki. Aroma mewah tersebut jelas membuat kepercayaan diri tetap dimiliki walaupun menggunakannya di depan banyak orang.

Selain itu, tingginya harga minyak nilam kualitas ekspor didasari oleh kemampuan antimikroba yang dimiliki. Ini jelas membuat jamur dari tubuh seseorang bisa dihilangkan dengan baik.

Di zaman yang memiliki banyak penyakit seperti sekarang, penggunaannya tentu menjadikan kemungkinan terkena penyakit menjadi lebih kecil.

Kandungan di Dalamnya Juga Memiliki Kemampuan Mengatasi Racun Ular

Mungkin poin ini jarang sekali diketahui. Ketika seseorang digigit ular, bisanya akan langsung mengalir ke seluruh tubuh.

Apabila penyebaran racun ini tidak dihentikan, kemungkinan lumpuh atau bahkan kematian bisa saja terjadi. Disinilah letak manfaat dari minyak nilam berada.

Ketika dipakai pada tubuh seseorang, penyebaran racun tersebut bisa dihambat. Memang, perawatan ke dokter masih tetap diperlukan.

Namun dengan ini, setidaknya penanganan pertama bisa dilakukan sehingga orang yang terkena racun bisa selamat hingga ditangani oleh ahli.

Jika sedang kebingungan untuk menekuni sebuah bidang industri, nilam sangat bisa dijadikan pilihan. Dengan itu, keuntungan dalam jumlah besar pasti didapat.

Rasanya, penjelasan mengenai harga minyak nilam kualitas ekspor ini sudah menjelaskan hal itu dengan cukup baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FAST RESPONSE

If you have any questions about our services, we would love to hear from you. Please Call Us Today.

CONTACT US

18 Office Park 10th A Floor TB Simatupang Street No. 18, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

+62-812-9031-1909