Hambatan Perdagangan Internasional

Hambatan Perdagangan Internasional

Hambatan perdagangan internasional menjadi suatu hal yang perlu untuk diwaspadai. Utamanya bagi pelaku dunia sebab memberikan dampak yang cukup signifikan.

Sementara perdagangan internasional menjadi suatu hal yang muncul sebagai akibat dari adanya era globalisasi baik bidang ekonomi maupun teknologi. Globalisasi menjadi pendorong timbulnya free trade.

Dalam hubungan antar negara, munculnya trade memberikan berbagai macam faktor penting dan berpengaruh. Terutama bagi negara agar kebutuhan domestik bisa terpenuhi secara tepat.

Sebagai kegiatan yang melibatkan pertukaran barang dan jasa, trade hendaknya dilakukan agar saling menguntungkan antar negara. Terutama dalam mendorong perkembangan kebutuhan negara tersebut.

Sebagai suatu bentuk kegiatan yang dapat mendorong pertumbuhan baik pada industri maupun investasi, tentunya memiliki beberapa hambatan perdagangan internasional.

Dimana halangan perlu dihadapi agar semakin mendorong berkembangnya berbagai tujuan diadakannya ekspor maupun impor. Setiap negara harus memahami mengenai adanya halangan dari trade ini.

Pembayaran Sulit Menyebabkan Hambatan Perdagangan Internasional

Pembayaran Sulit Menyebabkan Hambatan Perdagangan Internasional
gambar: pixabay

Penghalang utama dalam trade antar negara yaitu metode pembayaran menggunakan proses yang sulit. Umumnya setiap negara menentukan metode pembayaran tersendiri.

Bagi pelaku usaha hal ini perlu menjadi perhatian khusus dan dihadapi dengan baik agar mendapat hasil sesuai kebutuhan.

Selain itu, setiap metode memiliki risiko cukup besar. Pada dasarnya proses transaksi yang dilakukan dalam lingkup internasional tentunya membutuhkan jumlah besar.

Oleh sebab itu, metode pembayaran tidak dapat dilakukan secara tunai. Karena jika dibayarkan tunai akan memberikan risiko lebih besar apalagi dengan nilai yang tidak sedikit.

Proses pembayaran merupakan hambatan perdagangan internasional dan bisa mempengaruhi pemenuhan kebutuhan suatu negara. Demi mencegahnya hambatan tersebut, saat ini telah ditemukan solusinya.

READ  Cara Memasarkan Produk ke Luar Negeri Online

L/C digunakan demi mencegah dan mengurangi berbagai faktor risiko selama proses pembayaran dari trade. Penggunaan kliring internasional dapat dilakukan untuk melakukan pembayaran.

Mata Uang Penyebab Hambatan Perdagangan Internasional

Nilai uang masing-masing negara memiliki perbedaan antara satu dan yang lain. Hal demikian menjadi salah satu penyebab terhambatnya proses jual dan beli produk.

Dalam kaitannya dengan kebijakan internasional, negara pengimpor perlu membayar sesuai mata uang dari pengekspor. Sebab nilai mata uang menjadi faktor utama yang sangat mempengaruhi kegiatan trade terutama dilakukan oleh antar negara.

Jika terjadi perubahan modal di negara pengekspor kemudian nilai mata uang jadi lebih tinggi maka akan ada biaya tambahan yang dikenakan.

Aturan tersebut pada dasarnya dibuat untuk memberi keuntungan antara pelaku impor serta ekspor. Selain itu, proses jual beli menjadi lebih mudah dilakukan.

Nilai mata uang tiap negara juga ditetapkan berdasarkan dengan standar internasional. Kegiatan ekspor maupun impor membantu dalam melakukan usaha serta bisnis agar lebih berkembang.

Terdapat kontribusi memajukan negara terutama dalam penggunaan nilai mata uang. Pelaku bisnis tentunya perlu membutuhkan kerjasama yang cukup luas agar usaha yang dikelola meningkat.

Hambatan Perdagangan Internasional Berupa Regulasi

Hambatan Perdagangan Internasional Berupa Regulasi
gambar: pixabay

Regulasi jadi penghalang jenis lain. Pada dasarnya setiap negara mendukung terjadinya jual beli. Dibutuhkan kebijakan pemerintah yang perlu memberikan perlindungan terutama membatasi produk asing masuk ke dalam.

Salah satu halangan tersebut berupa bea cukai. Bea cukai juga dikenal sebagai pajak untuk ekspor maupun impor. Tarif bea ini tetapkan kepada pengimpor sebagai biaya masuknya suatu barang yang dibebankan oleh pemerintah.

Terdapat juga regulasi dalam bentuk non tarif, seperti penerapan kuota maupun penentuan standar produk. Cara demikian juga menjadi bagian hambatan perdagangan internasional proteksi yang perlu untuk diketahui agar tujuan dari kegiatan itu tercapai.

READ  Jenis Barang yang Dibatasi Ekspornya

Pembatasan jumlah maupun aturan ketat mengenai isu lingkungan serta kesehatan juga menjadi penghalang tersendiri. Pembatasan jumlah dilakukan dengan membatasi kuota dalam periode tertentu.

Selain itu, beberapa kebijakan pemerintah seperti peraturan administrasi bisa menjadi penyebab lain. Bahkan peraturan antidumping hingga terjadinya konflik dalam negara.

Cara Mengatasi Hambatan Perdagangan Internasional Berupa Kebijakan

Ekonomi menjadi salah satu kebijakan yang diatur secara ketat oleh suatu negara. Namun tidak jarang aturan tersebut sering kali menjadi penghalang tersendiri. Terlebih jika aktivitas tersebut memiliki skala hingga internasional.

Kebijakan tersebut berupa antidumping sebagai upaya melindungi produk dalam negeri dengan menggunakan berbagai aturan dan kebijakan. Sehingga produk dalam negeri tidak kalah bersaing utamanya dalam hal harga dengan barang dari luar.

Kebijakan dilakukan melalui cara menaikkan biaya masuk suatu produk yang berasal dari luar negeri berupa pajak. Namun kebijakan ini juga menimbulkan masalah tersendiri hingga menjadi salah satu penghambat.

Sebenarnya, antidumping tidak hanya diterapkan di Indonesia tetapi negara lain. Tujuan utamanya yaitu untuk melindungi produk dalam negeri supaya tidak kalah bersaing dari segi harga.

Meski perdagangan internasional dibutuhkan sebagai upaya pemenuhan kebutuhan, namun tentunya barang dalam negeri perlu dilindungi agar tidak kalah saing.

Dalam melakukan jual maupun beli, untung dan rugi menjadi suatu hal yang cukup wajar untuk terjadi. Upaya melindungi barang domestik semacam ini memberikan dampak sebagai halangan pada perdagangan.

Manfaat Perdagangan Internasional Dilihat Berdasarkan Lembaga Ekonomi

Selain memberi halangan, terkadang international trade juga memberikan dampak tersendiri. Utamanya dalam bidang ekonomi di wilayah bersangkutan.

Lembaga perdagangan biasanya memiliki kebijakan tersendiri dalam mengatur setiap regulasi ekspor maupun impor, anggota di dalamnya.

Beberapa peraturan dibuat supaya negara anggota organisasi mencapai kemajuan di bidang ekonomi sesuai dengan tujuan utama dibentuknya lembaga tersebut.

Sementara negara yang bukan anggota organisasi menjadi hambatan perdagangan internasional. Pembentukan organisasi secara internasional pada dasarnya memberikan keuntungan bagi anggota namun menjadi tidak untuk negara lain.

READ  Perbedaan Ekspor dan Impor

Biasanya pajak dikenakan pada bukan bagian organisasi sehingga dari segi harga kalah saing. Oleh sebab itu, biasanya beberapa negara tergabung pada organisasi untuk mengurangi terjadinya hambatan.

Terdapat banyak penyebab suatu negara tidak menjadi bagian dari organisasi tertentu. Biasanya terdapat beberapa faktor penyebab baik dari dalam maupun luar.

Hambatan Perdagangan Internasional Atas Ketidakstabilan Selisih Nilai Uang

Hambatan Perdagangan Internasional Atas Ketidakstabilan Selisih Nilai Uang
gambar: pixabay

Ketidakstabilan nilai uang juga menjadi faktor penyebab lain terjadinya halangan pertukaran yang dilakukan negara. Ketidakstabilan mata uang tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Seperti misalnya munculnya kebijakan baru, politik, hingga keamanan negara.

Sementara itu, setiap bangsa memiliki nilai serta mata uang berbeda. Perbedaan tersebut juga memberikan dampak terhadap nilai tukar. Dimana kurs ditentukan berdasarkan nilai dari selisih setiap uang.

Jika kondisi kurs kurang stabil biasanya terjadi kesulitan antara penjual dan pembeli dalam penentuan harga. Hal tersebut tentunya dapat memberikan semacam dampak terhadap penawaran dan pembelian.

Itu sebabnya tidak stabilnya selisih nilai uang menjadi penyebab hambatan perdagangan internasional. Di saat itu, para pengusaha akan merasa lebih enggan melakukan aktivitas ekspor maupun impor.

Ketidakstabilan kurs juga bisa menjadi penyebab menurunkan tingkat kesejahteraan penduduk. Penawaran dan pembelian menjadi turun seiring mengikuti daya beli dari masyarakat.

Perdagangan berskala internasional jadi suatu upaya negara dalam pemenuhan kebutuhan. Terlebih di era globalisasi seperti saat ini, dimana ekspor maupun impor dapat dilakukan lebih mudah.

Meski begitu terdapat banyak faktor malah menjadi penghambat kegiatan perdagangan tersebut. Berbagai hambatan perdagangan internasional penting untuk diketahui utamanya pelaku usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FAST RESPONSE

If you have any questions about our services, we would love to hear from you. Please Call Us Today.

CONTACT US

18 Office Park 10th A Floor TB Simatupang Street No. 18, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

+62-812-9031-1909