Jenis-Jenis Kargo

Jenis-Jenis Kargo

Jenis-jenis kargo sangat penting untuk diketahui semua orang terutama bagi pembisnis pemula maupun sudah lama. Pentingnya mengetahui kargo untuk eksport maupun impor wajib sekali diketahui agar menjamin kualitas barang selamat sampai tujuan.

Menjaga suatu barang dari perjalanan jauh hingga lintas Negara pastilah sangat sulit, maka dari itu dengan pemilihan yang tepat akan menjamin barang sampai dengan selamat dan sesuai dengan yang diinginkan. Karena itu Anda harus benar-benar memilih dengan tepat.

Kargo sendiri merupakan jenis pengiriman melalui udara, darat maupun laut. Pengiriman bisa berupa apa saja, bahkan dengan bobot maupun jenis barang dengan jumlah besar, hal ini sering digunakan para perusahaan besar dalam mengekspor barangnya keluar negeri.

Di Indonesia sendiri sudah banyak layanan kargo berkualitas yang tersedia untuk kegiatan ekspor ke luar negeri dan menjamin keamanannya. Untuk itu Anda sudah tidak perlu khawatir lagi bahwa barang akan terjaga hingga Negara tujuan.

Jenis-jenis kargo juga memiliki keunggulan maupun kekurangan masing-masing, karena setiap jalur udara maupun darat atau kapal memiliki kapasitasnya masing-masing. Hal ini harus dipertimbangkan oleh para pembisnis untuk mengetahui jenis yang nantinya dipakai.

Karena zaman sekarang semua serba maju, kebutuhan antar negara juga harus dipenuhi. Dengan kegiatan ekspor maka pendapatan negara juga ikut naik. Selain itu, Indonesia juga tidak akan tertinggal dengan pesatnya perkembangan pasar global.

Jenis-jenis Kargo yang Wajib Diketahui

Jenis-jenis Kargo yang Wajib Diketahui
gambar: pixabay

Perkembangan pasar global menjadi tolak ukur bagaimana negara juga dapat bersaing disana. Dengan berbagai sumber daya, pastinya akan menjadi usaha agar negara juga mampu bersaing di pasar global dengan Negara lainnya.

READ  Negara Tujuan Ekspor Kayu Manis Indonesia

Macam-macam jasa exspor di Indonesia.

General cargo

Untuk general cargo yaitu jenis barangnya cenderung biasa tidak berbahaya dan tidak perlu adanya penanganan secara khusus. Seperti halnya barang tidak mudah rusak, busuk, pecah dan lainnya.

Selain tidak membahayakan, kapasitas yang akan dikirim juga sudah memenuhi standart dan persyaratan. Sehingga nantinya akan dilakukan penilaian akan dikirimkan melalui kapal maupun jalur darat masih tetap aman.

Special cargo

Untuk jenis kargo selanjutnya ini adalah digunakan untuk pengiriman barang yang sangat memerlukan penanganan khusus. Biasanya barang mudah rusak, busuk ataupun bisa mati, pastinya hal tersebut berbahaya jika tidak ditangani.

Barang-barang yang ditangani misalnya hewan maka jika tidak ditangani bisa mati. Ataupun untuk mengirim mayat berupa peti ataupun abu yang ditaruh di guci suci. Sedangkan benda yang mudah membusuk yaitu sayuran maupun buah-buahan.

Benda selanjutnya yaitu pada barang berharga seperti emas, berlian maka sangat perlu penanganan khusus. Bagi yang berbau menyengat seperti parfum, bau durian. Dan juga untuk mengirim organ manusia seperti jantung, ginjal juga lain sebagainya.

Dangerous cargo

Jenis-jenis kargo lainya yaitu dangerous cargo, digunakan untuk mengirim benda maupun barang berbahaya. Bahkan sangat perlu pengawasan khusus dari petugas agar tidak terjadi hal-hal membahayakan saat pengiriman.

Benda tersebut yaitu berupa barang mudah terbakar dan meledak, kemudian cairan seperti alkohol atau bahan kimia lainnya. Setelah itu ada barang berupa gas dan mudah terbakar.

Apa Saja yang Dimaksud Irregularity Cargo?

Apa Saja yang Dimaksud Irregularity Cargo
gambar: pixabay

Menurut SBU Garuda, irregularity cargo yaitu adanya masalah saat penangan barangnya, mulai dari adanya kerusakan hal ini mungkin saja dikarenakan tidak memenuhi standart exspor impor. Baik dari agennya maupun ada masalah lain.

Jenis-jenis kargo semuanya pasti memiliki aturan dan persyaratan saat ingin menggunakannya. Maka dari itu, jika sudah sesuai maka barang segera dikirimkan, namun beberapa hal terkadang menjadi hambatan dan masalah tidak terduga.

READ  Negara Tujuan Ekspor Karet Indonesia

Dapat diartikan bahwa irregularity cargo ini yaitu pengirimannya dan pada saat penerimaan terdapat masalah yang tidak cocok dengan standartnya. Berikut masalah yang bisa menjadi penyebab irregularity cargo.

Missing cargo

Dalam masalah pertama ini yaitu karena barangnya hilang atau tidak ditemukan, baik dari stasiun yang dituju maupun tempatnya. Hal ini kemungkinan tertukar maupun salah dalam pengirimannya.

Damage cargo

Berikutnya ini masalah dikarenakan jenis kargonya sudah ditemukan dengan kondisi yang rusak baik kemasan, barang didalamnya atau packingannya. Untuk masalah ini harus ditinjau lebih lanjut, berikut hal yang bisa ditinjau.

  1. Kargonya dalam kondisi rusak dan barang hilang.
  2. Barangnya tidak dapat digunakan lagi, hancur atau kerusakan sangat parah.
  3. Bisa juga packing rusak namun belum dipastikan barang masih utuh atau mengalami kerusakan maupun masih ada.
  4. Untuk kargonya yang berlabel fragile isinya sudah pecah.
  5. Kemudian ada istilah mortality untuk pengiriman berupa hewan tetapi saat sampai tujuannya dalam kondisi mati.
  6. Lalu untuk benda seperti sayuran ataupun buah, waktu sampai tujuan kondisinya busuk.

Dengan demikian wajib memilih jenis-jenis kargo yang sesuai dengan kebutuhan barangnya. Dan sebagai jasa pengiriman tentu saja harus lebih teliti dalam pengecekan juga barangnya.

Inilah Syarat Penerimaan Cargo Secara Umum

Di Indonesia sendiri memiliki jenis-jenis kargo yang banyak untuk kegiatan exspor impor anta negara. Kegiatan ini selain merupakan bentuk pasar global, akan tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan setiap negara dengan cara mengimpor atau mengekspor barang.

Oleh karena itu, pastinya barang sebelum dikirim harus melalui proses pengecekan berbagai kondisi dari rupa barangnya, jenisnya, kapasitasnya dan apakah berbahaya ataupun tidak. Berikut merupakan syarat untuk diterimanya cargo yang dapat dikirim sesuai standard.

  1. Untuk pertamanya adalah Anda akan diberikan air way bill, itu harus diisi dengan benar menurut TACT rules.
  2. Selanjutnya yaitu kelengkapan dokumen untuk setiap pengiriman dan juga dokumen pelengkap untuk kebutuhan lain.
  3. Setiap kargo harus ditulis tanda tangan dengan alamat yang jelas seperti alamat kotanya hingga jalan sesuai MAWB dan harus sama.
  4. Kemudian packing harus aman dan sesuai standartnya, jika barang tersebut dangerous seperti hewan maka harus dilakukan pengemasan sesuai aturan IATA.
  5. Seluruh label yang ditempelkan harus terlihat jelas, apalagi untuk alamatnya, jika rusak harus segera diganti.
  6. Kemudian untuk barang dangerous goods harus ada tandatangan dan harus lengkap sesuai aturannya.
  7. Selanjutnya untuk hewan harus memiliki sertifikatnya untuk itu dokumen harus lengkap dan berisi tandatangan pengirimnya.
READ  Komoditas Ekspor Impor Afrika Selatan

Maka dari itu, selain memilih jenis-jenis kargo Anda juga wajib tahu persyaratannya. Apalagi untuk pembisnis baru yang memulai usaha dengan ekspor pasti masih belum tahu informasi tersebut.

Hal-hal yang Perlu Diketahui Bagi Pebisnis Pemula

Hal-hal yang Perlu Diketahui Bagi Pebisnis Pemula
gambar: pixabay

Dalam memulai usaha pastinya hal kebanggaan jika bisa melakukan perdagangan internasional, apalagi untuk brand sendiri. Akan tetapi beberapa orang masih awam dengan hal tersebut, menjadikan usahanya hanya sampai pada penjualan didalam negeri saja.

Apalagi dalam memilih jenis-jenis kargo yang memang sesuai kebutuhan, akan sangat sulit jika masih belum memahaminya. Karena itu sangat perlu menambah informasi lagi, supaya brand Anda bisa mencapai penjualan ke luar negeri.

Barang-barang yang biasanya dikirim lebih baik dalam kualitas yang bermutu tinggi agar semakin menarik peminat pembeli di negara lain. Dengan begitu penjualan akan semakin meningkat dan cepat melalui jenis-jenis kargo yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FAST RESPONSE

If you have any questions about our services, we would love to hear from you. Please Call Us Today.

CONTACT US

18 Office Park 10th A Floor TB Simatupang Street No. 18, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

+62-812-9031-1909