Pelabuhan Terbesar di Dunia

Pelabuhan Terbesar di Dunia

Pelabuhan terbesar di dunia memberikan pengaruh utamanya pada sektor perekonomian. Tingkat kesibukan pelabuhan tersebut menjadi tolak ukur dari kemajuan suatu negara. Sementara itu, dari segi fungsi yaitu berguna untuk berbagai kegiatan perdagangan baik dalam maupun luar negeri.

Meski pelabuhan adalah suatu hal yang dimiliki oleh banyak negara utamanya berbatasan dengan laut, namun China masih mendominasi dari sisi kapasitas hingga luasan terminal sebagai paling sibuk.

Pengukuran kapasitas perekonomian suatu wilayah secara tepat dapat dilihat melalui kapasitas port. Sementara fungsi utamanya yaitu sebagai tempat pemuatan barang yang keluar maupun masuk suatu negara.

Port umumnya perlu memiliki lokasi strategis dan kapasitas memadai karena peranannya yang cukup penting. Aktivitas dari port tersebut meliputi berbagai aktivitas seperti bongkar dan muat barang-barang dari penyimpanan kargo.

Selain itu dapat juga menjadi persinggahan untuk kapal jenis peti k mas. Biasanya port disinggahi oleh kapal dengan bendera internasional.

Segala kegiatan port yang melibatkan berbagai negara biasanya dibuat berdasarkan perjanjian bilateral. Berikut beberapa pelabuhan terbesar di dunia yang terkenal serta dijadikan sebagai jalur perdagangan internasional.

Pelabuhan Terbesar di Dunia Shanghai

Pelabuhan Terbesar di Dunia Shanghai
gambar: pixabay

Terdapat setidaknya muatan sebanyak 744 juta ton ditangani oleh pelabuhan yang ada di Shanghai ini. Lokasinya sendiri berada di sungai Yangzhe sementara panjang dermaga mencapai hingga 20 km.

Luas dari pelabuhan Shanghai yaitu 3.6 km2 lebih dengan jumlah dermaga sebanyak 125. Sementara fasilitas di pelabuhan dimiliki serta dikelola oleh kelompok pelabuhan internasional Shanghai.

SIPG dimiliki oleh publik dengan pemerintah memiliki bagian sebesar 44.23%. Sebagai pelabuhan paling besar, Shanghai memiliki peranan penting utamanya dalam perdagangan internasional.

READ  Komoditas Ekspor Impor Brunei Darussalam

Daerah sekitar seperti Jiangzu, Henan, hingga Zheijang menjadi wilayah dengan penduduk padat karena sektor industri yang sangat kuat akibat dari aktivitas perdagangan pada port of Shanghai.

Sementara itu, jalur transportasi air menjadi pilihan paling banyak digunakan utamanya oleh para pengusaha untuk mengirimkan berbagai barang. Tidak heran jika pelabuhan Shanghai memiliki peranan sangat penting utamanya dunia bisnis sebab menjadi salah satu jalur utama.

Penetapan Shanghai sebagai pelabuhan terbesar di dunia dapat dilihat berdasarkan besarnya muatan kargo yang dapat ditampung serta berbagai aktivitas di dalamnya. Bahkan tidak jarang disebut sebagai pelabuhan paling sibuk pada dunia.

Karena besarnya kapasitas, port of Shanghai menjadi tumpuan kegiatan ekspor impor China. Hal tersebut juga menjadi China sebagai negara dengan kegiatan perdagangan paling besar dunia.

Dengan luas mencapai 3.619 km2, membuat total ekspor dan impor China dapat menembus nilai hingga 3.87 miliar USD. Itu membuat China memiliki peranan cukup penting utamanya dalam arus barang serta aktivitas ekonomi secara global.

Singapore sebagai Pelabuhan Terbesar di Dunia

Singapore sebagai Pelabuhan Terbesar di Dunia
gambar: pixabay

Pelabuhan Singapore menangani setidaknya muatan sebanyak 537 juta ton. Beberapa terminal yang ada yaitu Pasir Panjang dan Tanjong Pagar.

Jurong port serta PSA Singapore menjadi salah satu pemilik dari terminal di pelabuhan terbesar di Asia Tenggara ini. Dalam satu tahun ada setidaknya 140 ribu kunjungan kapal karena Singapore menghubungkan setidaknya ratusan port di dunia.

Pada kawasan Asia Tenggara menempatkan port Singapore sebagai port paling sibuk dan besar. Sebagai negara dengan luas wilayah paling kecil, Singapore memiliki satu-satunya pelabuhan terbesar pada kawasan Asia Tenggara.

Setidaknya 50 persen dari jumlah keseluruhan minyak mentah dunia melakukan transit di Singapore. Keadaan tersebut tentunya memberikan keuntungan dari segi perekonomian karena menjadi penghasilan utama.

Aktivitas yang dilakukan yaitu berupa impor dalam bentuk bahan baku alam kemudian diproses dan menghasilkan beberapa produk. Beberapa proses tersebut diantaranya kilang minyak agar dapat meningkatkan jumlah pendapatan.

READ  Komoditas Ekspor Impor Afrika Selatan

Hal ini membuat Singapore menjadi salah satu pelabuhan terbaik di dunia. Menjadi salah satu persinggahan kapal dengan jumlah besar, membuat tempat ini sebagai port tersibuk.

Selain itu, Singapore juga mempertahankan posisinya sebagai terminal pengisian bakar yang memiliki jumlah sangat besar. Aktivitas jalur pelayaran antara Asia Timur dan Eropa juga melewati hub satu ini.

Port of Tianjin Sebagai Pelabuhan Terbesar di Dunia

Pelabuhan satu ini memiliki nama yang disebut dengan Tanggu. Setiap tahunnya menangani setidaknya muatan dalam jumlah 476 juta ton.

Dalam kurun satu tahun mengalami peningkatan jumlah muatan dalam jumlah 5.3 hingga 6.2 persen. Tianjin yang terletak di China ini berada pada bagian utara sungai Haihe.

Luas area yaitu sekitar 336 km2 merupakan wilayah laut. Sementara untuk luas daratan yaitu 131 km dengan fungsi menjadi penghubung 189 negara.

Port of Tianjin memiliki 159 dermaga sehingga menjadikannya salah satu paling besar. Aktivitas perdagangan di sini menjadi pintu utama untuk menuju ke Beijing.

Tidak jarang juga disebut sebagai main port daratan utama China . Sementara itu, port menjadi bagian dari area distrik Binhai New Area.

Sebagai salah satu paling sibuk dari pelabuhan seluruh dunia, berbagai aktivitas perdagangan dilakukan di sini. Hal tersebut membuat Tianjin sebagai zona ekonomi spesial utama China Utara.

Tianjin juga menjadi salah satu program perkembangan untuk menjadi terminal logistik dan kapal singgah di China Utara. Tianjin dibagi menjadi 9 area yang meliputi 3 Beijing, Dongjiang sekitar jalan Xingang, Nanjiang dan sepanjang sungai Haihe.

Port Guangzhou Sebagai Pelabuhan Terbesar di Dunia

Port Guangzhou Sebagai Pelabuhan Terbesar di Dunia
gambar: pixabay

Port berkapasitas besar lainnya masih dimiliki oleh China yaitu Guangzhou. Memiliki lokasi di tengah sungai Pearl, Guangzhou menangani berbagai kegiatan perkapalan setidaknya dari 460 juta ton setiap tahunnya.

READ  Istilah Dalam Forwarding

Pada tahun 1999, port ini sempat dikelola oleh otoritas pelabuhan Guangzhou hingga mencapai rekor terbesarnya yaitu 100 juta ton. Sebagai salah satu paling besar, Guangzhou menangani kegiatan muat dan bongkar hasil tambang berupa batubara di China.

Karena pertumbuhan perekonomiannya yang sangat tinggi, Guangzhou bahkan dinobatkan sebagai kota dengan peningkatan ekonomi paling cepat. Status keberadaannya sendiri ditetapkan sebagai penunjang perekonomian China.

Selain itu, Guangzhou juga menjadi salah satu port yang menjalin bekerja sama dengan pelabuhan terbesar di dunia besar yaitu Rotterdam. Kerjasama tersebut akhirnya membuat keduanya menjadi hub untuk negara pada Eropa serta Timur.

Pelabuhan Terbesar di Dunia, Shenzen

Menjadi salah satu tempat bongkar muatan kargo, Shenzan memiliki aktivitas cukup sibuk. Setiap tahun setidaknya dapat menangani hingga 27 TEUS.

Shenzen sendiri merupakan gabungan beberapa port yang berada di Provinsi Guangdong bertempat pada sepanjang pantainya.

Di sana terdapat beberapa terminal terbesar dari China karena aktivitasnya yang cukup tinggi. Dalam beberapa tahun terakhir, aktivitas pada port menunjukkan peningkatan cukup signifikan.

Berdekatan dengan Hongkong, membuat Shenzen didorong untuk menjadi salah satu kawasan perdagangan berskala internasional. Bahkan wilayah ini disandingkan sebagai zona ekonomi khusus dengan terminal container yang multifungsi.

Selain terbesar banyak juga pelabuhan tercanggih di dunia karena dapat melakukan bongkar muat secara efektif. Sebagai salah satu faktor pertumbuhan ekonomi, kemajuan dari port selalu dikembangkan.

Terdapat fungsi penting dari keberadaan port setiap negara terutama dalam melakukan ekspor impor dalam jumlah sangat besar. Itu sebabnya keberadaan pelabuhan terbesar di dunia sangat memberikan pengaruh ekonomi sangat kuat pada wilayah sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FAST RESPONSE

If you have any questions about our services, we would love to hear from you. Please Call Us Today.

CONTACT US

18 Office Park 10th A Floor TB Simatupang Street No. 18, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

+62-812-9031-1909