Komoditas Ekspor Impor Amerika Serikat

Komoditas Ekspor Impor Amerika Serikat

Sebagai pelaku bisnis perdagangan maka sebaiknya Anda mengetahui komoditas ekspor impor Amerika serikat. Karena dengan wawasan luas mengenai komoditas maka bisa membuat Anda dapat menentukan strategi bisnis selanjutnya termasuk jika Anda memilih Amerika serikat untuk memperdagangkan produk.

Anda perlu tahu komoditi mana yang benar-benar menguntungkan dan dibutuhkan oleh negara yang menjadi tujuan ekspor anda. Negara yang terletak di Amerika Utara ini bahkan memiliki bahasa resmi di tingkat internasional selain itu memiliki nilai mata uang yang tinggi yaitu dolar Amerika serikat atau USD.

Jika membahas mengenai komoditas ekspor impor Amerika serikat, ada banyak hal yang bisa menjadi pembahasan. Mulai dari dampak perang dagang antara Amerika serikat dan Cina hingga komoditas terbesarnya yang bisa dijadikan acuan atau penentu strategi bisnis apa perdagangan luar negeri.

Klasifikasi Berdasarkan Sifat dan Sistem Perdagangan Komoditas

Sebelumnya Anda perlu mengetahui mengenai klasifikasi komoditi berdasarkan sifat, karena komoditas sendiri adalah sebuah produk atau barang yang dapat diperdagangkan tentu saja dengan tujuan utama yaitu mendapatkan keuntungan. Sebenarnya sederhananya sama seperti produk-produk yang diperjualbelikan di Indonesia.

Sedangkan untuk komoditas adalah produk yang diperjualbelikan lintas negara, memiliki beberapa jenis seperti logam, energi, pertanian dan peternakan. Sedangkan jika membahas sifatnya, ada komoditas keras yaitu yang didapatkan dari alam dengan aktivitas pertambangan atau ekstraksi.

Ada juga komoditi lunak yaitu komoditas lunak yaitu komoditas dari hasil pertanian dan peternakan. Produk-produk tersebut bisa dijual lintas negara namun perlu diperhatikan sebelum melakukan ekspor barang maka di Indonesia sendiri harus sudah tercukupi jadi produk-produk tersebut harus melimpah di negara asalnya.

See also  Cara Mencari Buyer Luar Negeri

Komoditas ekspor impor Amerika serikat memang bisa dikatakan merupakan komoditas terbesar dan sering dijadikan sebagai tujuan utama ekspor dari Indonesia. Sedikit informasi bahwa sistem perdagangan komoditas sedikit berbeda dengan perdagangan pada umumnya sehingga perlu dipelajari.

Jika biasanya harga jual sebuah produk yang diperdagangkan di dalam negeri maka harga ditentukan oleh penjual dan juga produsen, berbeda dengan komoditas di mana tergantung dari banyaknya permintaan dan penawaran pasar. Jadi fluktuasi harga adalah resiko dari para pelaku perdagangan komoditas.

Naik turunnya tidak ditentukan oleh penjual namun bisa disebabkan oleh beberapa faktor misalnya seperti kapasitas produk, kondisi cuaca, aturan pemerintah atau situasi politik dan lain-lain. Tidak heran jika pedagang komoditas memiliki kontrak berjangka dengan standar dasar mengenai jumlah serta kualitas minimum komoditas.

Komoditas ekspor impor Amerika Serikat bisa dikatakan memiliki posisi teratas di mana Amerika serikat adalah negara tujuan terpenting untuk transaksi perdagangan lintas negara di Indonesia. Tentu saja hal tersebut bukan tanpa alasan, sebagai negara maju Amerika serikat adalah salah satu tujuan yang menguntungkan untuk sebuah komoditas.

Amerika Menjadi Tujuan Penting Ekspor Indonesia

Amerika Menjadi Tujuan Penting Ekspor Indonesia
gambar: pixabay

Walaupun terkena imbas dari perang dagang antara Amerika serikat dengan Cina namun Amerika sendiri masih tetap menjadi tujuan penting ekspor Indonesia. Bahkan AS menjadi urutan nomor satu sebagai negara prioritas bagi produk Indonesia menurut kementerian perdagangan.

Mengapa Amerika serikat tetap menjadi daya tarik utama untuk aktivitas ekspor bagi produk-produk asli Indonesia? Sebenarnya ada beberapa indikator seperti indikator makro ekonomi yang memang berhubungan dengan daya dorong atau daya tarik untuk ekspor barang dan jasa.

Lalu ada juga indikator perdagangan, indikator hambatan tarif maupun non tarif dan indikator hambatan alamiah dimana untuk beberapa kondisi bisa sangat membantu meningkatkan perekonomian Indonesia. Apalagi jika memilih komoditas ekspor impor Amerika serikat yang tepat maka strategi diplomasi perdagangan Indonesia akan semakin optimal.

See also  Pembayaran Ekspor Impor

Komoditas Ekspor Terbesar dari Indonesia ke Amerika

Indonesia memang kaya akan sumber daya alam sehingga tidak heran jika banyak komoditas yang bisa diperdagangkan. Bahkan beberapa komoditas merupakan komoditas terbesar yang diekspor ke Amerika serikat, tentu saja sebagai pembisnis Anda sudah tidak asing dengan beberapa komoditas tersebut diantaranya adalah:

1. Komoditas Karet

Karet juga adalah sebuah produk komoditi yang digunakan sebagai perawatan di seluruh dunia mulai dari peralatan industri sehingga rumah tangga. Di Indonesia sendiri ada dua tipe karet yang dikenal luas yaitu karet alam yang dibuat dari getah pohon karet dan juga karet sintetis yang terbuat dari minyak mentah.

Indonesia sendiri adalah produsen karet kedua di dunia tentu saja karet merupakan salah satu komoditas ekspor impor Amerika serikat yang bisa dikatakan terbesar. Tidak hanya diekspor ke Amerika serikat, karet merupakan komoditi yang juga diekspor ke China, Jepang ,Singapura dan Brazil.

2. Industri Tekstil

Industri Tekstil
gambar: pixabay

Ada juga komoditi industri tekstil, di Indonesia sendiri terbagi dari tiga sektor yaitu sub sektor Hulu, sektor menengah dan sektor hilir. Untuk pembuatan serat atau fiber dan pemintalan ada pada sektor Hulu sedangkan untuk tenun dan pencelupan atau finishing ada pada sektor menengah.

Bahkan industri tekstil berhasil menyumbang devisa negara 8,2% dari total ekspor nasional. Tidak hanya komoditi yang diekspor ke Amerika serikat saja namun industri tekstil juga diimpor ke Jepang, Turki, Korea Selatan, Inggris, Cina, Belanda, Italia ,Belgia dan masih banyak negara-negara lainnya.

3. Kelapa Sawit

Komoditas ekspor impor Amerika serikat selanjutnya adalah kelapa sawit. kelapa sawit sendiri biasanya digunakan sebagai bahan mentah dalam pembuatan sabun minyak goreng jingga margarin dan komoditi ini sudah diekspor ke Amerika serikat bahkan ke negara-negara lain seperti Meksiko, Taiwan, Jepang, Korea dan lain-lain.

See also  Potensi Komoditas Ekspor Sulawesi Tengah

4. Kakao

Kakao sendiri adalah bahan dasar untuk membuat coklat dan bahan makanan lainnya komoditi yang satu ini sangat berkontribusi besar bagi perekonomian Indonesia. bahkan tidak hanya diekspor ke Amerika serikat namun negara-negara lain seperti Jepang China Inggris Belgia Hongkong dan lain-lain juga pengimpor kakao.

5. Kopi

Kopi
gambar: pixabay

Kopi sendiri adalah komoditas tingkat dunia yang dianggap penting dan tentunya ada juga tahu bahwa Indonesia adalah negara pengekspor kopi terkuat di dunia. Kopi juga diekspor ke negara-negara selain Amerika serikat seperti Singapura, Korea Utara, Spanyol, Jerman, Belanda, Inggris dan negara-negara lainnya.

Mengapa Amerika Menjadi Tujuan Ekspor?

Komoditas ekspor impor Amerika serikat bahkan harus terus dipacu di mana Indonesia perlu meningkatkan produk ekspor ke Amerika serikat. ada beberapa alasan mengapa produk ekspor ke negeri Paman Sam tersebut harus dimaksimalkan, salah satunya adalah karena Amerika serikat merupakan negara dengan perekonomian terbesar di dunia.

Selain itu, penduduk Amerika serikat juga merupakan masyarakat yang konsumtif terutama mengenai produk makanan. Bahkan Amerika serikat bisa mendongkrak popularitas produk yang diekspor tidak heran jika banyak eksportir di dunia selalu berambisi masuk pasar Amerika Serikat.

Kemudian hubungan bilateral antara Indonesia dengan Amerika serikat juga sedang dalam kondisi baik sehingga bisa dijadikan sebagai modal penting untuk menjalin kerjasama ekonomi terutama dalam hal perdagangan. Mengingat beberapa negara bahkan sedang bermasalah seperti Eropa, Jepang, Kanada dan lainnya.

Sehingga sebenarnya Indonesia bisa memanfaatkan hal tersebut, Indonesia bisa mengirimkan komoditas terbesarnya selagi negara lain sedang tidak menjalin kerjasama dalam hal perdagangan tersebut. Komoditas ekspor impor Amerika serikat bisa menjadi pembahasan menarik untuk calon eksportir karena bisa sangat menguntungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FAST RESPONSE

If you have any questions about our services, we would love to hear from you. Please Call Us Today.

CONTACT US

18 Office Park 10th A Floor TB Simatupang Street No. 18, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

+62-812-9031-1909