Pengertian Certificate Of Analysis

Pengertian Certificate Of Analysis

Jika Anda ingin memasuki arena perdagangan bebas dunia tentu harus paham pengertian certificate of analysis. Sertifikat ini nantinya sangat diperlukan dalam melakukan kegiatan ekspor – impor selain Certificate of Origin.

Melakukan perdagangan ekspor – impor merupakan salah satu cara memajukan usaha. Pasar dunia begitu luas, oleh karena itu jika masuk ke perdagangan bebas dunia tersebut, sangat besar peluang untung.

Dengan kemajuan internet seperti saat ini, siapa saja bisa melakukan perdagangan internasional dengan mudah. Pemerintah Indonesia juga saat ini mendorong perusahaan kecil dan menengah agar berani memasuki pasar internasional.

Tentunya agar bisa bersaing dengan negara lain, kualitas produk harus diutamakan. Produk – produk Indonesia sudah banyak yang layak ekspor, oleh karena itu besar potensi meraih keuntungan.

Dalam melakukan perdagangan internasional, tentu ada perjanjian serta persyaratan yang harus dipenuhi. Berbagai dokumen diperlukan agar proses jual beli tersebut semakin mudah serta sesuai dengan ketentuan hukum.

Memahami Pengertian Certificate Of Analysis

Memahami Pengertian Certificate Of Analysis
gambar: pixabay

Certificate Of Analysis atau sering sering disebut sebagai COA merupakan sebuah dokumen penting dalam melakukan perdagangan internasional. Setiap negara umumnya mewajibkan dokumen ini sebagai syarat melakukan perdagangan.

Certificate Of Analysis dapat diartikan sebagai dokumen yang berisi tentang hasil uji kualitas dan keamanan suatu produk. Dengan melihat dokumen COA ini, maka dapat diketahui apakah produk layak atau tidak.

Tentu ada spesifikasi tertentu yang harus dipenuhi dalam Certificate Of Analysis tersebut, tergantung jenis produknya. Certificate Of Analysis ini biasanya digunakan pada makanan dan minuman, produk kimia, atau juga produk farmasi.

Certificate Of Analysis Farmasi harus memenuhi spesifikasi khusus kualitas produk farmasi tersebut. Jika hasil ujinya belum mencapai spesifikasi yang ditetapkan, maka produk tersebut tidak diterima nantinya.

READ  Kebijakan Perdagangan Internasional

Dokumen COA ini diterbitkan oleh perusahaan atau pihak yang ditunjuk oleh pembuat produk tersebut. Atau bisa bisa juga diterbitkan oleh lembaga khusus yang telah memiliki akreditasi.

Jika Anda berniat memasuki pasar ekspor impor, maka pahami terlebih dahulu pengertian Certificate Of Analysis, karena peran dokumen ini sangat penting.

Fungsi Certificate Of Analysis yang Penting Diketahui

Dokumen COA ini dibutuhkan oleh produsen dan konsumen produk tersebut, karena dalam melalui dokumen ini kelayakan produk bisa diketahui.

Fungsi dokumen COA ini bagi produsen adalah sebagai bukti atau jaminan bahwa produk mereka telah memenuhi kelayakan dan persyaratan yang ditetapkan. Dokumen ini bisa meningkatkan kepercayaan konsumen.

Sedangkan fungsi Certificate Of Analysis bagi konsumen sendiri adalah sebagai bahan pertimbangan atau bahan penilaian produk tersebut. Jika telah lolos uji COA maka bisa dipastikan produk tersebut berkualitas.

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa pengertian Certificate Of Analysis merupakan dokumen yang memuat hasil uji produk. Jadi pada dokumen ini telah terpampang data spesifikasi hasil pengujian.

Jika penerbit COA tersebut telah terakreditasi, maka dokumen ini sudah bisa digunakan sebagai alat penilaian. Saat Anda hendak menjalin kerja sama dengan perusahaan luar misalnya, pastikan meminta dokumen COA tersebut.

Ada kalanya kualitas atau spesifikasi produk dagangan tidak bisa diuji secara langsung. Dengan kehadiran Certificate Of Analysis, Anda sudah bisa mengetahui spesifikasinya.

Kapan Certificate Of Analysis Diperlukan

Jika Anda ingin melakukan perdagangan ke luar negeri, maka bukan hanya pengertian Certificate Of Analysis yang perlu dipahami. Ketahui juga kapan saja dokumen tersebut digunakan dalam perdagangan internasional.

Pada umumnya saat perusahaan dari satu negara menjalin kerja sama dagang dengan perusahaan negara lain, dokumen COA tersebut dicantumkan sebagai persyaratan.

Adanya dokumen COA tersebut membuat barang impor atau barang ekspor bisa masuk ke suatu secara legal. Misalnya Anda melakukan impor, maka tidak perlu khawatir menjual kembali produk dagangan tersebut.

READ  Komoditas Ekspor Non Migas Indonesia

Namun perlu diketahui bahwa dokumen COA tersebut dibutuhkan setiap kali melakukan perdagangan. Tujuannya agar produk yang didapatkan kualitasnya sesuai spesifikasi.

Misalnya Anda membeli produk makanan dari negara Malaysia, dan produk tersebut telah terjual habis. Saat hendak membeli ulang, atau repeat order, diperlukan kembali Certificate Of Analysis Makanan tersebut.

Anda perlu mengecek kembali dokumen COA untuk memastikan bahwa produk tersebut sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan. Jika Anda tidak mengeceknya bisa saja kualitas produknya diturunkan.

Oleh karena itu setiap kali melakukan impor atau ekspor, pastikan mencantumkan dokumen COA sebagai persyaratan, agar konsumen tidak dirugikan nantinya.

Walaupun Ada COA Pengujian Ulang Tetap Penting

Walaupun Ada COA Pengujian Ulang Tetap Penting
gambar: pixabay

Pada umumnya data yang tercantum pada COA tersebut menunjukkan spesifikasi produk yang diperjualbelikan. Dengan melihat dokumen COA maka kualitas barang tersebut bisa diketahui garis besarnya.

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa pengertian Certificate Of Analysis merupakan hasil uji kualitas dan spesifikasi suatu barang. Dokumen ini digunakan untuk melihat apakah produk layak atau tidak.

Walaupun suatu barang telah memiliki Certificate Of Analysis, tetap saja pengujian ulang perlu dilakukan. Dokumen COA tersebut hanya digunakan sebagai gambaran kualitas produk dagang.

Sering sekali beberapa orang mempercayai dokumen COA begitu saja, padahal bisa saja terdapat kesalahan pada dokumen tersebut. Bisa juga dokumen COA tersebut tidak memuat data sebenarnya, oleh karena itu penting untuk berhati – hati.

Untuk membuktikan kualitasnya, maka tetap perlu dilakukan pengujian ulang. Jadi jika Anda telah mengimpor barang dari negara lain, setelah barang diterima, pastikan untuk melakukan pengujian ulang.

Untuk menguasai dunia perdagangan bebas internasional, bukan hanya pengertian Certificate Of Analysis yang perlu diketahui, tetapi penting juga mengetahui fungsi dan cara membacanya.

READ  Komoditi Indonesia yang Diekspor ke Thailand

Bisa saja pada barang repeat order tersebut terdapat kerusakan atau eror analysis, oleh karena itu pengujian kembali perlu dilakukan. Anda nantinya tidak dirugikan akibat kesalahan atau kelalaian tersebut.

Informasi Penting dalam Certificate Of Analysis

Informasi Penting dalam Certificate Of Analysis
gambar: pixabay

Pada umumnya setiap produk atau barang dagangan memiliki Certificate Of Analysis masing – masing, karena spesifikasi yang tercantum di dalamnya berbeda – beda. COA untuk farmasi tentu berbeda dengan COA produk kimia.

Jika mencermati pengertian Certificate Of Analysis, maka isi dokumen merupakan spesifikasi menyeluruh tentang barang bersangkutan. Jadi jika barangnya berbeda, maka tentu saja isi Certificate Of Analysis tersebut juga berbeda.

Walaupun demikian, tetap saja ada beberapa informasi umum yang perlu dicermati dalam dokumen COA tersebut. Jika Anda ingin melakukan impor, maka pastikan paham mencermati informasi penting tersebut.

Salah satu informasi yang penting diperhatikan dari COA adalah tanggal pengujian atau tanggal terbit. Pastikan bahwa tanggal pengujian/ tanggal terbit merupakan yang terbaru, untuk memastikan kebenaran datanya.

Selain itu perhatikan juga informasi tentang spesifikasi barang tersebut. pastikan bahwa spesifikasinya sesuai dengan standart atau ketentuan anda. Perhatikan juga parameter pengujiannya untuk memastikan kebenaran hasil uji tersebut.

Informasi lain yang juga penting diperhatikan adalah penanggung jawab atau orang yang menandatangani COA tersebut. Jika lembaganya penerbit COA belum terakreditasi, maka sebaiknya Anda berhati – hati.

Dokumen COA tersebut digunakan untuk menilai kelayakan suatu barang. Jadi jika tidak diperhatikan dengan cermat, akan merugikan konsumen nantinya.

Jika Anda ingin memasuki dunia ekspor impor, maka pahami pengertian Certificate Of Analysis terlebih dahulu dan juga istilah dalam ekspor impor lainnya, agar tidak terkendala dalam menjalankan bisnis nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FAST RESPONSE

If you have any questions about our services, we would love to hear from you. Please Call Us Today.

CONTACT US

18 Office Park 10th A Floor TB Simatupang Street No. 18, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

+62-812-9031-1909