Komoditi Indonesia yang Diekspor ke Thailand

Komoditi Indonesia yang Diekspor ke Thailand

Tentunya ada banyak sekali komoditi yang diekspor ke Thailand di mana berasal dari Indonesia. Kondisi ini menunjukkan bahwa hubungan dagang antara kedua negara ini sangat baik sekali sehingga jika ingin bekerja dibidang ini maka wajib mengetahui apa saja barang-barang di Indonesia yang diterima oleh pasar Thailand.

Thailand sendiri merupakan salah satu negara yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Indonesia, tebak termasuk juga dalam kawasan Asia tenggara. Di daerah jika kesamaan iklim membuat pangsa pasar kedua negara ini mirip sehingga barang ekspor dan impor nya saling dibutuhkan bayi di negara asal maupun di tempat tujuan.

Tentunya mengetahui komoditi yang diekspor ke Thailand ini bisa membantu Anda dalam melebarkan sayap usaha sampai ke negara luar. Sebab tidak menutup kemungkinan jika produk milik Anda lebih laku di tempat lain dibandingkan negara sendiri. Hal ini dikarenakan kebutuhan setiap orang juga berbeda sehingga memberikan pengaruh terhadap permintaan barangnya.

Pastinya ada banyak sekali jenis barang yang dari Indonesia di jual sampai ke Thailand mulai dari makanan hingga barang. Pastinya kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh Indonesia saja namun Thailand juga mau masuk barangnya ke Indonesia. Jadi dengan adanya kegiatan ini tidak perlu langsung datang ke negara tempat produksi demi mendapatkannya.

Kondisi ini pastinya akan sangat mempermudah masyarakat mendapatkan suatu barang tanpa harus membuang uang, walaupun tidak menutup kemungkinan kegiatan ini bisa membuat sebuah barang harganya lebih naik atau lebih murah. Naiknya harga barang tersebut dibandingkan dari negara asalnya dikarenakan pemberian pajak di setiap barang.

Jenis Produk Komoditi yang Diekspor Ke Thailand

Jenis Produk Komoditi yang Diekspor Ke Thailand
gambar: pixabay

Tentunya ada banyak sekali komoditi yang diekspor Indonesia ke negara gajah putih ini, kondisi ini menyebabkan Thailand merupakan salah satu lahan basah yang cocok untuk Anda ingin bekerja di bidang ini. Apalagi didukung dengan infrastruktur negara ini sehingga mempermudah proses pengiriman dan penerimaan barang.

See also  Cara Ekspor Ikan Hias

Beberapa produk unggulan asal Indonesia yang dijual di Thailand sangat beragam mulai dari tembaga, bonito beku, mollusca, surat kabar, timah yang masih tidak ditempa dan tidak dicampur, kelapa segar, kayu lapis, urea, dan suku cadang maupun aksesoris kendaraan bermotor. Tentunya semua hal tersebut diterima dengan sangat baik dinegara tersebut.

Tentunya selain komoditi tersebut terdapat juga buah dan sayuran asal Indonesia yang termasuk dalam komoditi yang diekspor ke Thailand. Buah dan sayuran tersebut mulai dari kacang mete baik yang dalam bentuk segar maupun kering. Selain itu terdapat juga bawang seperti bawang merah dan bawang putih. Serta terdapat juga sayuran kering yang masih berbentuk utuh maupun yang dipotong.

Akar-akar umbian juga merupakan salah satu produk yang sangat diminati di negara tersebut, serta buah pir, Persib, pepaya, nanas, kurma, dan masih banyak lagi produk asal Indonesia yang banyak diminati di negara tersebut sehingga dilakukan ekspor. Jadi tidak sulit untuk menemukan produk asal Indonesia di negara ini.

Apalagi terdapat beberapa persamaan kesukaan antara ke dua negara sehingga membuat Indonesia memberikan banyak komoditi yang diekspor ke Thailand. Jadi jika Anda bekerja di negara tersebut tidak sulit mencari produk asal Indonesia sehingga bisa mengobati rasa rindu di ke negara asal.

Alasan Adanya Hubungan Dagang ke Thailand

Tentunya terdapat beberapa alasan mengapa terjadinya hubungan dagang dengan negara ini sehingga Indonesia memberikan komoditi yang diekspor ke Thailand. Alasannya karena kondisi pasar Thailand mirip dengan Indonesia sehingga tidak heran jika barang-barang asal negara ini bisa diterima oleh masyarakat mereka.

Selain itu Thailand dan Indonesia masuk dalam organisasi ASEAN di mana negara di dalam organisasi tersebut memiliki hubungan dagang maupun mengenai pertukaran pelajar. Tidak heran karena kondisi inilah membuat antara Indonesia dan Thailand saling melakukan kegiatan ekspor dan impor. Jadi kegiatan ini tidak hanya dilakukan salah satu pihak saja.

See also  Pertanyaan Seputar Letter of Credit

Namun berdasarkan data yang berasal dari kemendag menunjukkan bahwa nilai ekspor asal Indonesia ke Thailand sebenarnya meningkat sebanyak 5, 33%. Namun kegiatan ekspor ini juga memberikan pengaruh terhadap peningkatan impor dari Thailand ke Indonesia di mana meningkat sangat besar sekali sampai menyentuh angka 18,01%.

Kondisi ini menunjukkan bahwa komoditi yang diekspor ke Thailand jauh lebih kecil dibandingkan dengan nilai impornya sehingga menyebabkan neraca perdagangan antara kedua negara ini mengalami defisit sejak tahun 2013. Pastinya masyarakat banyak sekali berharap bahwa ada banyak sekali barang ekspor Indonesia ke negara tersebut demi memajukan kesejahteraan pelaku di dalamnya.

Permasalahan Indonesia dalam Kegiatan Ekspor

Permasalahan Indonesia dalam Kegiatan Ekspor
gambar: pixabay

Tentunya terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi Indonesia dalam komoditi yang diekspor ke Thailand. Kondisi inilah yang menyebabkan kegiatan ekspor di dalam negeri lebih sedikit dibandingkan impornya bahkan negara ini kalah dengan beberapa negara tetangga seperti Malaysia dalam kegiatan ekspor nya.

Hal ini dikarenakan pembangunan infrastruktur seperti pelabuhan tidak mendukung. Tidak heran jika proses bongkar maupun angkut barang masih sangat lama sehingga memberikan pengaruh terhadap waktu yang dibutuhkan dalam pengiriman barang. Hal ini semakin diperparah dengan fasilitas pelabuhan yang tidak mendukung sehingga membuat pekerjaan mengangkut komoditi ekspor Indonesia ke Thailand menjadi lebih lama.

Selain itu permasalahan yang dihadapi mengenai komoditi yang diekspor ke Thailand adalah kurangnya variasi produk sehingga orang akan bosan menggunakan produk yang itu-itu saja. Kondisi ini membuat negara lain menyediakan berbagai macam variasi barang agar mereka bisa memenuhi kebutuhan warga di sebuah negara.

Sebab kebutuhan pada sebuah negara harus dapat digapai oleh seluruh lapisan masyarakat sehingga dibutuhkan nya variasi. Kondisi inilah yang membuat Indonesia kalah dengan negara lain pada bagian ekspornya. Walaupun kegiatan impor negara lain ke Indonesia sangat lancar sekali sehingga banyak sekali produk luar beredar di dalam negeri.

See also  Perbedaan Ekspor dan Impor

Dampak Kegiatan Ekspor Impor Terhadap Indonesia

Dampak Kegiatan Ekspor Impor Terhadap Indonesia
gambar: pixabay

Tentunya dalam kegiatan memberikan komoditi terbesar yang diekspor keluar Indonesia sebenarnya memberikan pengaruh terhadap kegiatan ekonomi negara ini. Oleh sebab itu tidak heran jika masyarakat meminta pemerintah agar mengejar kegiatan ini seperti membangun infrastruktur pendukung.

Alasannya karena dengan kegiatan ini maka pasar produk Indonesia bisa menjadi lebih luas sehingga banyak orang mengenal barang-barang asal Indonesia. Selain itu kegiatan ini bisa menambah devisa negara, kondisi ini pastinya membuat penerimaan negara bisa menjadi meningkat sehingga keuntungan tersebut bisa dimanfaatkan untuk mensejahterakan rakyat.

Ditambah lagi kegiatan ini bisa memperluas lapangan kerja, sebab permintaan akan barang tersebut meningkat sehingga perusahaan harus melakukan produksi besar-besaran. Kondisi ini pastinya membutuhkan banyak pekerja juga agar produksi tersebut bisa banyak namun dalam waktu singkat.

Dengan kondisi tersebut maka pengangguran di negara ini bisa berkurang, Oleh sebab itu tidak heran jika masyarakat dituntut untuk mendukung kegiatan ini. Apalagi kegiatan ekspor ini bisa memberikan banyak keuntungan sehingga tidak heran jika wajib untuk Anda mengetahui mengenai komoditi yang diekspor ke Thailand.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FAST RESPONSE

If you have any questions about our services, we would love to hear from you. Please Call Us Today.

CONTACT US

18 Office Park 10th A Floor TB Simatupang Street No. 18, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

+62-812-9031-1909