Pengertian Logistik

Pengertian Logistik

Apabila diartikan pengertian logistik secara umum sebenarnya ilmu pengetahuan ilmu seni dalam melakukan penyimpanan, serta penyaluran barang agar bisa sampai pada tempat tertentu.

Bila disederhanakan lagi, artinya menjadi suatu kegiatan yang mencangkup dari perencanaan dan pengawasan dari suatu perpindahan produk barang atau jasa, energi bahkan sumber daya alam dari ke titik awal hingga sampai ke penggunanya.

Bila disimpulkan tujuan logistik itu mengirimkan barang berbagai jenis untuk dikirimkan dari satu tempat ke tempat lainnya. Dalam proses kegiatan ekspor impor, perusahaan bergerak di bidang ini sangat diperlukan guna mengirim produk barang dipesan.

Kegiatan ini juga berguna untuk mewujudkan pencapaian tersedianya suatu produk tepat waktu. Sekarang, pengiriman barang mau sebanyak apa, bisa dikirim dengan mudah melalui laut dan udara bagi eksportir yang akan melakukan pengiriman ke luar negeri.

Dalam aktivitasnya, sesuai dengan pengertian logistik, bahwa standar performanya bisa berdasarkan kualitas dari pelayanannya serta biaya dikeluarkan dalam memilih jasa pengiriman. Lebih lanjut lagi, simak penjelasan berikut.

Contoh Kegiatan Logistik yang Dilakukan untuk Ekspor

Contoh Kegiatan Logistik yang Dilakukan untuk Ekspor
gambar: pixabay

Diketahui dari pengertian logistik saja, kita sudah tahu bahwa sektor ini memiliki kontribusi cukup tinggi dalam kegiatan ekspor barang ke luar negeri. Menurut Bawersox, kegiatan tersebut sebenarnya berdasarkan dari 2 faktor.

Untuk faktor pertama, itu pelayanan perusahaan kepada klien yang menggunakan jasa mereka. Bagaimana cara perusahaan tersebut memberikan pelayanan terbaik agar memiliki kerjasama seimbang.

Lalu kedua ada faktor biaya. Besarnya biaya, akan menentukan bagaimana mereka melayani eksportir tersebut. Semakin bagus pelayanan yang dihadirkan, tentu biayanya juga cukup besar untuk dikeluarkan.

See also  Contoh Invoice

Diketahui banyak orang, intinya dari pekerjaan logistik adalah pengiriman barang saja. Tapi ternyata ada banyak jenis pekerjaan yang dilakukan perusahaan tersebut serta saling terkait satu dengan lainnya. Inilah beberapa contoh dari pekerjaan dan kegiatan logistik :

  1. Memastikan pelayanan pelanggan sudah pas.
  2. Selalu mengontrol manajemen persediaan barang
  3. Ada juga komunikasi logistik
  4. Melakukan prediksi permintaan dari pelanggan agar lebih siap lagi.
  5. Menerima proses pemesanan
  6. Melakukan pengemasan produk yang akan dikirim dan bisa aman sampai tujuan
  7. Karena barang tidak bisa langsung terkirim ke tempat tujuan, harus ada seleksi pabrik dan tempat penyimpanannya.
  8. Pembayaran
  9. Menyediakan transportasi pengiriman barang
  10. Menyiapkan gudang penyimpanan
  11. Dan reverse logistics

Berdasarkan Pengertian Logistik, Inilah Perannya Pada Kegiatan Ekspor

Berdasarkan Pengertian Logistik, Inilah Perannya Pada Kegiatan Ekspor
gambar: pixabay

Pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan logistik memang memiliki tujuan agar para eksportir bisa menyalurkan barangnya dengan aman serta biaya pengeluaran cukup ringan. Sehingga pelayanan harus dimaksimalkan.

Bila berdasar pada pengertian logistik, memiliki peran yang cukup penting pada kegiatan ekspor. Pemerintah juga sering melakukan survei terhadap perusahaan jasa itu untuk lebih memberikan pelayanan terbaik kepada eksportir terutama bagi pemula.

Sebenarnya, dari semua banyaknya pekerjaan di atas, kesimpulan dari itu semua bahwa sistem logistik sebenarnya mulai dari penentuan lokasi logistiknya, transportasi, adanya manajemen pengadaan persediaan, komunikasi dan terakhir transportasi.

Sistem tersebut harus saling terhubung seperti pada pengertian logistik yang mengatakan yang dikirim dari titik awal hingga ke titik pengguna dalam keadaan baik-baik saja.

Pemerintah juga senantiasa memilih perusahaan logistik terbaik agar perannya dalam penyaluran barang ekspor semakin baik. Dan berikut peran mereka sebenarnya agar mencapai profit seimbang antara perusahaan serta eksportir :

1. Berpusat Pada Sektor Pemasaran

Memiliki tujuan untuk memuaskan pelanggan, maka mereka akan berperan pada sektor pemasaran hingga mencapai keuntungan perusahaan yang diinginkan.

See also  Pengertian Pasar Bebas

2. Adanya Penambahan Nilai

Eksportir berusaha memberikan kualitas terbaik bagi produknya. Sementara dari pihak logistic akan memberikan utilitas tempat serta waktu.

Jadi, nantinya ada penambahan nilai bagus melalui utilitas tersebut agar produk bisa sampai tepat waktu kepada pelanggan dan dalam keadaan baik.

3. Menciptakan Perpindahan Produk Agar Lebih Mudah

Berdasarkan dari pengertian logistik memang perusahaan yang bergerak di bidang ini harus menciptakan waktu, tempat dan kondisi paling tepat dengan biaya jasa yang sangat bersahabat.

4. Upaya Untuk Lebih Ekonomis

Perusahaan yang menjanjikan pengiriman cepat dengan biaya terjangkau, pasti akan banyak eksportir menggunakan jasa perusahaan itu.

Upaya Pemerintah Mempercepat Ekspor dengan Sistem Logistik Baru

Upaya Pemerintah Mempercepat Ekspor dengan Sistem Logistik Baru
gambar: pixabay

Adanya kegiatan ekspor yang dilakukan secara legal, memang harus berada di bawah aturan pemerintah, karena mengikuti hukum perdagangan yang berlaku. Para eksportir juga pastinya akan dibantu oleh program-program menarik dari pemerintah itu.

Salah satunya dengan sistem dari logistik baru. Masih dalam konteks pengertian logistik, sistem baru ini dinamai dengan Nastional Logistics Ecosystem di mana mereka akan membuat wadah pengiriman secara tunggal.

Sistem tersebut juga berdasar dari penggabungan dari klaster logistik yang sudah ada saat ini. Di tahun 2020 lalu, Koordinator Bidang Perekonomian, Airlanggan membahas peningkatan efisiensi pada bidang logistik.

Tujuannya agar meningkatkan daya saing setara dengan negara lain yang satu peers. Airlangga juga menyebutkan tolak ukurnya berdasarkan dari Ease of Doing Business dan juga dari logistik index.

Ada tujuan lain yang diinginkan dengan sistem NLE ini adalah memberikan fasilitas kolaborasi antara sistem informasi dengan instansi pemerintah hingga swasta agar bisa bersinkronasi pada arus informasi dan dokumen dalam kegiatan ekspor/import di pelabuhan.

Selain itu, perdagangan barang yang didistribusikan dalam negeri bisa menggunakan sharing data, proses bisnis dengan sistem simplikasi dan akan diadakan penghapusan repetisi serta duplikasi.

See also  Kebijakan Perdagangan Internasional

Inilah Manfaat Ekspor Bagi Perusahaan Logistik

Pemerintah saat ini memang sangat serius dalam kegiatan ekspor sehingga sistem baru juga mereka ciptakan. Kemenko juga berharap bahwa program NLE ini mampu meningkatkan efisiensi logistik nasional.

Sementara itu, agar proses itu bisa berlangsung dengan baik, harus ada integrasi langsung layanan pemerintah, melalui beberapa platform logistik yang telah beroperasi.

Agar terus berlanjut kinerjanya seperti pada pengertian logistik, maka profit tidak hanya didapat bagi eksportir saja karena menggunakan jasa perusahaan pengiriman barang, tapi dari perusahaan tersebut memiliki keuntungan serupa.

Pembagian profit memang harus adil dan sesuai dengan pelayanan yang dihadirkan oleh perusahaan logistik itu. karena tanpa mereka, kegiatan ekspor atau impor juga terhambat.

Dari penjelasan di atas, semakin meningkatkan ekspor, kami akan menarik kesimpulan sektor logistik menerima keuntungan, seperti berikut :

  1. Jumlah arus ekspor yang semakin tinggi, dengan keberadaan perusahaan seperti ini akan memenuhi kebutuhan jasa pada sektor forwarding dan shipping untuk terus ditingkatkan.
  2. Mampu menghidupkan juga ekosistem pada bidang logistik dalam negeri. Hal itu bisa menyeimbangkan perputaran arus kas, jasa, dan barang pada industri logistik hingga terus meningkat.
  3. Jika kegiatan ekspor semakin baik, maka akomodasi untuk menggerakkan pengiriman produk juga terus meningkat.
  4. Performa logistik yang ada dalam negeri juga terus menanjak naik secara signifikan.
  5. Serta kerjasama yang cukup bagus dengan para importir akan menambah keuntungan bagi logistic company itu sendiri.

Pemahaman seperti ini harus sudah ada ketika Anda ingin bertindak sebagai eksportir yang sukses. Diambil dari pengertian logistik, memang antara perusahaan jasa tersebut dengan kegiatan ekspor bersifat mutualisme atau saling bergantung satu sama lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FAST RESPONSE

If you have any questions about our services, we would love to hear from you. Please Call Us Today.

CONTACT US

18 Office Park 10th A Floor TB Simatupang Street No. 18, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

+62-812-9031-1909