Harga Kacang Mete Kualitas Ekspor

Harga Kacang Mete Kualitas Ekspor

Saat ini harga kacang mete kualitas ekspor terus mengalami kenaikan cukup tajam. Apalagi potensi penjualan ke luar negeri terus meningkat sepanjang tahun. Manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan juga sudah banyak dibuktikan dengan berbagai penelitian medis.

Jadi tidak heran memang jika kacang mete memiliki potensi besar. Sama seperti komoditi kayu manis.

Jika dilihat memang konsumsi kacang mete dunia terus mengalami kenaikan yang sangat besar. Biasanya biji dari buah jambu mete ini dipakai untuk berbagai kebutuhan makanan seperti campuran cokelat, camilan dan sebagainya.

Bahkan beberapa negara mengakui bahwa Indonesia memiliki kualitas lebih baik dari negara lain.

Hingga saat ini Indonesia menempati posisi kelima sebagai negara penghasil kacang mete dunia. Urutan pertama India yang memiliki hasil produksi ratusan ribu ton setiap tahun.

Namun bukan berarti di Indonesia tidak mampu bersaing dengan negara-negara lain. Berikut beberapa fakta menarik harga kacang mete dunia.

Produksi Kacang Mete di Dunia

Produksi Kacang Mete di Dunia
gambar: pixabay

Negara Asia menjadi negara yang paling mendominasi dengan menempati 5 posisi teratas produksi kacang mete dunia. Posisi pertama ada India dan disusul oleh Vietnam pada urutan kedua.

1. Posisi 5 Dunia

Indonesia menempati posisi 5 dunia dengan rata-rata produksi mencapai 95 ribu ton setiap tahun. Tentu angka yang cukup besar karena memang Indonesia sendiri memiliki banyak sumber daya alam yang sangat berlimpah.

Apalagi sebagian besar tanah juga memiliki tingkat kesuburan lebih baik dari tempat lain.

Dari jumlah produksi dalam negeri tersebut, hampir 80% dijual ke negara lain dengan harga lebih tinggi. Apalagi harga kacang mete kualitas ekspor dari Indonesia sudah diakui oleh dunia internasional.

See also  Cara Mencari Buyer Luar Negeri

Beberapa negara yang menjadi tujuan ekspor adalah India dan Vietnam sekaligus sebagai negara produsen terbesar.

2. Daerah Penghasil Kacang Mete

Di Indonesia sendiri ada banyak daerah yang menghasilkan kacang mete dengan kualitas terbaik. Kebanyakan berada di daerah luar Jawa seperti Aceh, Kalimantan, hingga Nusa Tenggara.

Produksi tradisional biasanya dijadikan sebagai olahan khas dari daerah tersebut sebagai salah satu oleh-oleh khas adat.

Kacang mete berkualitas banyak diproduksi dari kebun rakyat dengan berbagai ukuran kapasitas. Misalnya saja yang berada di daerah Flores dimana ada banyak sekali kebun desa yang menanam tanaman tersebut.

Bahkan proses panen dilakukan setiap bulan dengan kuantitas paling banyak pada bulan Juni hingga Desember.

3. Diolah Secara Organik

Salah satu yang menjadi alasan mengapa harga kacang mete kualitas ekspor dari Indonesia tinggi adalah karena prosesnya dilakukan secara organik. Tidak banyak menggunakan pupuk kimia yang bisa jadi mempengaruhi kualitasnya.

Bahkan dari pengolahan secara organik, biji yang dihasilkan lebih besar dan tebal dari negara lain.

Manfaat dan Kegunaan Kacang Mete

Manfaat dan Kegunaan Kacang Mete
gambar: pixabay

Setiap negara memiliki keyakinan masing-masing mengenai kegunaan dari biji jambu tersebut, baik untuk kesehatan atau konsumsi biasa.

Namun faktanya adalah biji tersebut sangat populer di dunia dengan berbagai macam manfaat serta kegunaan.

1. Manfaat Bagi Kesehatan

Salah satu manfaat kacang mete adalah untuk menjaga kesehatan tubuh lebih baik lagi. Perlu diketahui bahwa biji tersebut memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat seperti tembaga, magnesium, berbagai vitamin, dan kandungan lain.

Jadi tidak salah memang jika beberapa ahli gizi memberikan saran supaya rutin mengkonsumsinya.

Salah satu manfaatnya adalah untuk menjaga kepadatan tulang karena biji ini mengandung tembaga. Dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa dalam 1 ons saja ada 622 mikrogram.

See also  Pengertian Certificate Of Analysis

Sedangkan kebutuhan harian tubuh manusia adalah sekitar 900 mikrogram. Artinya Anda sudah memenuhi lebih dari ¾ kebutuhan harian tersebut.

2. Manfaat Bagi Kecerdasan

Salah satu alasan harga kacang mete kualitas ekspor dari Indonesia sangat tinggi adalah karena manfaatnya besar. Salah satu faktor yang mampu meningkatkan sel otak adalah lemak tunggak tidak jenuh.

Sedangkan biji ini memiliki kandungan lemak tunggal tidak jenuh cukup banyak sehingga sangat baik bagi otak.

Selain itu juga secara mengejutkan ada manfaat untuk melancarkan aliran darah ke otak. Artinya adalah sirkulasi oksigen yang dibawa darah ke otak juga semakin berlimpah. Ini sangat penting demi menjaga fungsi otak tetap baik.

Bahkan bisa meningkatkan kecerdasan otak dalam beberapa tingkatan.

3. Manfaat Bagi Kecantikan

Manfaat lain adalah untuk kecantikan, terutama menjadikan rambut lebih sehat serta berkilau. Kandungan asam linoleat didalamnya merupakan faktor penting untuk rambut lebih sehat.

Selain itu ada juga kandungan oleat dan zat tembaga yang sangat baik untuk pertumbuhan kulit rambut lebih sehat.

Harga Kacang Mete Kualitas Ekspor Indonesia

Harga Kacang Mete Kualitas Ekspor Indonesia
gambar: pixabay

Ada banyak alasan mengapa dunia sangat mengagumi produksi kacang mete dari Indonesia. Selain dari memiliki kualitas terbaik namun juga dianggap memiliki banyak kelebihan lain.

1. Memiliki Kualitas

Biji dari jambu monyet ini memang memiliki berbagai kualitas tergantung dari lingkungan dan pola penanaman. Biasanya untuk kualitas unggulan memiliki warna cukup khas seperti cokelat hingga deep ivory.

Karena itu harga kacang mete kualitas ekspor selalu lebih tinggi jika dibandingkan dengan dalam negeri.

Beberapa negara sangat menginginkan produk dari Indonesia tersebut. Misalnya saja Eropa dan India yang sangat suka dengan kualitas kacang mete Indonesia.

Biasanya di Eropa menjadikan olahan camilan sebagai teman minum teh atau kopi. Apalagi rasanya yang cukup manis dan memiliki ukuran besar.

2. Terdapat Beberapa Kelas

Kualitas kacang mete bisa dibedakan berdasarkan tipe kualitas yang sudah ditentukan sebelumnya. Biasanya standar paling rendah supaya bisa dikonsumsi harus terbebas dari semua kotoran, termasuk jamur dan sejenisnya.

See also  Pengertian Ekspor dan Impor

Setidaknya biji sudah steril dari semua kotoran sehingga bisa langsung dikonsumsi tanpa khawatir keracunan.

Sedangkan untuk standar paling tinggi bisa dilihat warna kuning hingga light invery tanpa adanya kecacatan. Memiliki ukuran yang besarnya sama dengan volume tebal dan besar.

Hal ini membuat harga kacang mete kualitas ekspor dari Indonesia cukup tinggi. Namun tetap banyak diminati oleh negara lain.

Potensi Bagi UMKM dan Daerah

Produksi di Indonesia memang cukup besar mengingat banyak hutan desa atau hutan produksi dengan tanaman jambu monyet.

Tentu saja ini merupakan salah satu potensi yang bisa digali oleh para pelaku UMKM, terutama dalam bidang makanan.

1. Meningkatkan Taraf Ekonomi

Melihat banyaknya produksi dalam negeri dari berbagai daerah, ini menjadi kabar gembira bagi pelaku UMKM. Harga kacang mete kualitas ekspor sangat tinggi dengan beberapa inovasi tertentu.

Daerah juga bisa mendapatkan penghasilan lebih besar jika mampu mengelola dan mengekspornya dengan baik, terutama untuk membangun wilayahnya lebih baik lagi.

2. Bekal Persaingan Global

Konsumen selalu mencari produk dengan kualitas dan mutu terbaik, termasuk untuk kacang mete. Kesadaran masyarakat dunia mengenai kesehatan juga mengakibatkan harga kacang mete kualitas ekspor dari Indonesia cukup tinggi.

Namun menariknya Indonesia tidak pernah kehilangan pasar global karena mampu menyediakan produk mete kualitas terbaik.

Sumber daya alam di Indonesia memang tidak akan pernah habis karena hampir semua bisa tumbuh subur. Daerah yang dipenuhi dengan gunung berapi aktif telah membuat Indonesia menghasilkan banyak produk kelas atas.

Salah satunya adalah jambu monyet yang membuat harga kacang mete kualitas ekspor cukup tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FAST RESPONSE

If you have any questions about our services, we would love to hear from you. Please Call Us Today.

CONTACT US

18 Office Park 10th A Floor TB Simatupang Street No. 18, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

+62-812-9031-1909