Komoditas Ekspor Negara ASEAN

Komoditas Ekspor Negara ASEAN

Sudah lama sejak berdiri, maka bentuk hasil kerjasama berdasarkan komoditas ekspor negara ASEAN yang terus berkembang turut mendukung kemajuan negara-negara anggotanya.

Adanya hubungan bilateral termasuk dalam ekonomi dan perdagangan antar negara ini membuat kebutuhan dan perekonomian hingga kehidupan masyarakat membaik setiap tahunnya.

Total 10 anggota ASEAN rata-rata adalah negara yang sangat kaya sumber daya alamnya.

Lokasi yang terletak strategis yakni sekitar garis khatulistiwa membuat adanya kemiripan komoditas ekspor pada bidang agrikultur sebagai andalan.

Musim tropis yang sangat cocok untuk bercocok tanam serta kemampuan sumber daya manusianya yang masih sedang berkembang turut jadi penyebab pertanian maupun perkebunan masih banyak.

Hasil penjualan barang-barang komoditas ekspor negara ASEAN ini adalah pendapatan besar bagi negara, terlebih keberlangsungannya dapat dipertahankan. Berikut barang-barang dagangan tiap anggota ASEAN penghasil devisa tinggi!

Komoditas Ekspor Negara Indonesia yang Sudah Terkenal

Komoditas Ekspor Negara Indonesia yang Sudah Terkenal
gambar: pixabay

Dengan wilayah yang kaya akan sumber daya alam tinggi, Indonesia banyak mengekspor hasil bumi berupa minyak mentah dan gas alam di dunia.

Selain hasil pertambangan ini, ada juga komoditi hasil perkebunan berupa hasil kelapa sawit, karet, hingga kopi. Hasil bumi lainnya yakni kelautan dan perikanan banyak menjadi andalan Indonesia berupa ikan tuna atau jenis ikan lainnya.

Terkenal sejak zaman penjajahan, komoditas ekspor negara ASEAN satu ini memang tinggi pada rempah-rempah dan tehnya.

Sehingga komoditi ini juga turut banyak diperdagangkan ke luar negeri. Namun tidak hanya mengolah alamnya saja, terdapat juga barang hasil buatan manusia yang sering dijual seperti barang elektronik hingga produk tekstil jadi.

See also  Hambatan Perdagangan Internasional

Diberkati dengan jumlah penduduk ketiga terbesar di dunia, maka hasil produksi Indonesia untuk hasil pabrik terbilang tinggi.

Hasil elektronik seperti baterai, komponen listrik hingga alat penghasil suara dan video serta produk manufaktur termasuk komoditas ekspor Indonesia ke negara ASEAN maupun secara global.

Komoditas Ekspor Negara Brunei Darussalam

Negara dengan bentuk kerajaan ini yang masih berada satu daratan wilayah Indonesia tepatnya pulau Kalimantan, membuat hasil alamnya juga banyak mirip seperti Indonesia.

Komoditas ekspor negara ASEAN ini terdapat pada hasil tambangnya yakni pada minyak bumi dan gas alam.

Wilayah dan jumlah penduduk yang masih kecil membuat Brunei termasuk negara kaya meskipun untuk memenuhi keperluan barang hingga pangan mereka mayoritas membeli dari luar negeri.

Hasil tambang yang tinggi ini terbukti membuat Brunei memiliki komoditas ekspor migas terbesar di ASEAN dari hasil ini keperluan masyarakat secara nasional bisa terpenuhi dengan baik.

Komoditas Ekspor Menuju Negara Malaysia

Komoditas Ekspor Menuju Negara Malaysia
gambar: pixabay

Tingkat pertumbuhan ekonomi tetangga terdekat Indonesia ini semakin jaya sejak tahun 70-an dengan unggulan perdagangan hasil perkebunan.

Bahan mentah berupa timah dan karet banyak menyumbang pendapatan nasional bagi Malaysia sehingga kemakmuran masyarakat terus membaik.

Masih memiliki wilayah alam yang mirip dengan Indonesia, membuat komoditas ekspor negara ASEAN ini juga menghasilkan komoditi perkebunan seperti hasil kelapa sawit, kayu, buah-buahan hingga pertambangan seperti minyak dan gas alam.

Sebagian wilayah Malaysia yang juga masih sedaratan dengan Indonesia membuat negara kerajaan ini masih banyak mengandalkan sumber daya alam sebagai pendapatan utamanya.

Seiring berjalannya waktu, komoditas utama ekspor Malaysia semakin mengingat pada bidang lainnya.

Semakin tinggi ilmu pengetahuan dan teknologi yang diterapkan negara ini membuat penjualan dalam tekstil, produk listrik, hingga bahan-bahan kimia semakin besar juga.

Bahan mentah yang awalnya langsung di ekspor kini sudah diolah terlebih dahulu seperti olahan minyak bumi jadi komoditi negara ini.

Komoditas Ekspor Negara Filipina yang Banyak dari Hasil Pertanian

Duduk pada peringkat empat sebagai perekonomian paling baik, Filipina banyak melakukan ekspor dari hasil pertanian juga. Komoditas ekspor negara ASEAN ini bergantung pada beras, kelapa, jagung, tebu atau buah lainnya untuk menaikkan pendapatan nasionalnya.

See also  Manfaat Ekspor Barang

Mirip seperti Indonesia, Filipina juga kaya dengan hasil laut sehingga komoditi produk ikan juga banyak diperdagangkan negara ini. Beberapa tahun terakhir ini hasil industri berupa plastik, mesin, peralatan elektronik, hingga furniture semakin tinggi di ekspor dari Filipina.

Komoditas Ekspor Negara Kamboja dengan Skala Besar

Meskipun jumlah penduduk masih sedikit, namun Kamboja mampu menjadi penyedia hasil perkebunan dengan skala besar dan andalannya berupa karet dan beras. Dengan kondisi perekonomian yang sedang berkembang, negara ini masih banyak bergantung pada hasil pertanian maupun perkebunannya untuk meningkatkan pemasukan negara melalui devisa hasil ekspor.

Memang jika dibanding dengan komoditas ekspor negara ASEAN lainnya, Kamboja berada dibawah. Namun tetap melakukan ekspor dengan andalan beras, kedelai, karet, tembakau serta hasil pertanian lainnya secara berkualitas.

Komoditas Ekspor Negara Laos yang Sebagian Penduduknya

Pertanian menjadi penunjang ekonomi nasional negara ini, karena kegiatan utama masyarakatnya ialah bertani. Hasil komoditas ekspor negara ASEAN ini ada pada pertanian yakni beras, kemudian ada juga umbi-umbian, jagung, buah pisang, tembakau, kopi dan hasil pertanian lainnya.

Kondisi wilayah yang mayoritas adalah daratan, membuat Laos sangat bergantung terhadap hasil dari daratan. Perdagangan hasil hutan seperti kayu juga banyak dilakukan Laos selain hasil pertambangan seperti tembaga dan emasnya.

Komoditas Ekspor Negara Vietnam yang Cukup Mengesankan

Anggota ASEAN yang satu ini cukup mengesankan dalam membangun perekonomian nasionalnya. Terkenal dengan hasil perikanan seperti udang, lobster, kepiting hingga cumi membuat Vietnam sangat terkenal sebagai pemasok yang berkualitas secara global. Komoditas ekspor negara ASEAN ini besar juga pada bidang pertanian terutama beras.

Daratan yang kaya akan sumber alam seperti hutan turut meningkatkan ekspor Vietnam pada produk kayu, arang, dan rotan berkualitas. Sumber tambang juga tersedia cukup banyak di Laos dengan hasil berupa besi, kromium, batu bara, hingga timah menjadi komoditi ekspor negara ini.

Komoditas Ekspor Negara Singapore Tanpa Sumber Daya Alam

Terkenal sebagai negara paling maju di Asia, sebenarnya negara Singapore malah satu-satunya negara tanpa sumber daya alam sebagai komoditas utamanya. Dengan wilayah sempit dan jumlah penduduk yang sangat sedikit tidak membuat negara ini terus berkembang. Perekonomian negara ini ditopang oleh sektor perdagangan karena terkenal sebagai perantara dagang dari dunia Eropa maupun Amerika di wilayah Asia.

See also  Komoditas Ekspor Impor Filipina

Para pengusaha di Singapore terkenal sebagai investor pada perusahaan luar negeri dan layanan dalam bidang keuangan dan telekomunikasi menjadi unggulan Komoditas ekspor negara ASEAN ini. Ada juga ekspor andalannya berupa produk elektronik dan hasil olahan bahan mentah yang di impor dari negara kaya sumber daya alamnya termasuk minyak bumi.

Komoditas Ekspor Negara Thailand yang Kebanyakan Mengekspor Beras

Komoditas Ekspor Negara Thailand yang Kebanyakan Mengekspor Beras
gambar: pixabay

Negara yang berbatasan dengan Malaysia ini banyak mengekspor beras karena pertanian Thailand sangat besar. Selain itu ada juga jati dan karet sebagai produk pertanian yang banyak terjual ke luar negeri.

Thailand memang telah menyiapkan bidang pertanian sebagai penunjang perekonomian nasionalnya sehingga komoditas ekspor negara ASEAN ini terkenal dengan buah-buahan, gula, karet hingga biji-bijian lainnya sangat berkualitas. Perkembangan teknologi juga turut meningkatkan komoditas ekspor negara Thailand termasuk produk tuna kaleng.

Komoditas Ekspor Negara Myanmar Seperti Batu Giok dan Permata

Negara ini terkenal dengan hasil alamnya berupa batu mahal seperti batu giok dan permata. Selain andalan ini Myanmar juga terkenal sebagai negara penghasil minyak bumi dan gas alam. Namun penghasilan utama masyarakat yang berasal dari bidang pertanian padi membuat negara ini terkenal sebagai pemasok beras.

Kaya dengan sumber daya timah, tembaga, kapur, dan hasil tambang lainnya membuat Myanmar banyak melakukan perdagangan dengan komoditi ini sebagai andalah secara global. Selain hasil buminya langsung, komoditas ekspor negara ASEAN ini turut membangun kiprahnya untuk mengekspor hasil industri manufaktur seperti tekstil dan barang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FAST RESPONSE

If you have any questions about our services, we would love to hear from you. Please Call Us Today.

CONTACT US

18 Office Park 10th A Floor TB Simatupang Street No. 18, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

+62-812-9031-1909