Produk Indonesia yang Mendunia

Produk Indonesia yang Mendunia

Sebenarnya banyak produk Indonesia yang mendunia bahkan digemari oleh konsumen dari berbagai negara. Meskipun ketika diekspor ke negara lain maka produk tersebut menjadi lebih mahal dari harga aslinya namun tetap saja tidak sedikit orang menjadi penasaran lalu mencoba atau memilihnya.

Entah karena butuh atau sekedar penasaran, namun memang pada umumnya orang-orang rela berburu makanan yang tidak pernah dicicipi sebelumnya. Di Indonesia sendiri banyak juga yang berburu makanan atau produk khas negara lain terutama Korea seperti kimchi, kimbab, tteobokki dan lain-lain.

Tidak kalah dengan negara-negara maju lainnya, banyak produk Indonesia yang mendunia bahkan bisa dikatakan long last di negara lain. Penasaran produk apa yang dimaksud? Bahkan kamu juga tidak asing beberapa produk lokal terpopuler dan membanggakan berikut.

List Produk Indonesia yang Mendunia

1. Indomie dari PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk

Indomie dari PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk
gambar: wikimedia

Indofood cbp sukses makmur Tbk sendiri sudah berdiri selama puluhan tahun dan memproduksi aneka makanan dan minuman bergizi namun yang paling terkenal adalah produk mie. Siapa yang tidak kenal dengan mie instan yang sukses mencuri perhatian para penggemar makanan makanan siap saji tersebut.

Ya, Indomie adalah salah satu produk favorit banyak orang bahkan tidak hanya dari segi kepraktisannya saja, Indomie memiliki banyak varian. Perusahaan ini sudah ada sejak 1972, bahkan pada tahun tersebut sudah menyuplai mie instan dan menguasai semua pasar makanan serba praktis.

2. Tolak Angin dari PT. Sido Muncul

Produk Indonesia yang mendunia berikutnya adalah tolak angin, mungkin Anda bertanya-tanya mengapa produk ini bisa sangat terkenal di negara lain padahal istilah masuk angin hanya dipercaya oleh orang-orang Indonesia. Namun faktanya orang-orang di luar negeri lebih sering menggunakannya secara diam-diam.

READ  Pengertian Pasar Bebas

Bahkan awalnya produk jamu yang satu ini dibuat dengan racikan homemade, hingga saat ini resep yang digunakan tidak pernah berubah bahkan tetap menjadi jamu cair pertama yang digemari. Produk jamu ini sudah ada sejak tahun 1951, menggunakan bahan-bahan dari rempah alami seperti biji adas, jahe, kayu ules, cengkeh dan lain-lain.

Produk jamu dari Sido muncul ini mampu bersaing di kancah internasional dan sudah beredar di beberapa negara. Tolak angin bahkan bisa Anda temukan di beberapa negara seperti hongkong, Australia, Belanda hingga Amerika Serikat karena produk tersebut dianggap unik dan ampuh menghangatkan badan.

3. Co Donuts & Coffee dari Johny Andrean Group

Co Donuts & Coffee atau yang biasa dikenal JCO donuts juga salah satu waralaba asli Indonesia yang mampu menyaingi Dunkin Donuts dan Krispy Kreme. Produk Indonesia yang mendunia ini didirikan oleh Johnny Andrean Group di mana Johnny Andrean sendiri dikenal sebagai pemilik salon.

JCO Donuts mulai didirikan pada tahun 2005, Karena rasa dan teksturnya cukup unik dan nikmat, JCO Donuts menyedot banyak penggemar baru makan tidak hanya merajai di negara sendiri, JCO Donuts juga sudah melebarkan sayap ke beberapa negara. Anda bisa menemukan waralaba asli Indonesia ini di Singapura, Malaysia, China dan Filipina.

4. Kacang Garing Dua Kelinci dari PT. Dua Kelinci

Anda pasti sudah tidak asing dengan produk ini, makanan ringan dari PT. Dua Kelinci bahkan sudah menorehkan banyak prestasi di kancah internasional. Bahkan kacang dua kelinci menggunakan sponsor resmi dari klub sepak bola dan menjadi salah satu makanan terintegrasi di Indonesia.

Sebenarnya produk yang dihasilkan tidak hanya kacang kulit saja namun banyak snack-snack atau makanan ringan lainnya seperti kacang koro, mixed nuts dan lain-lain. Tidak hanya di Indonesia, produk-produk tersebut bisa Anda temukan di negara lain seperti Australia, China Saudi Arabia, hingga Amerika serikat.

READ  Jenis Barang yang Dibatasi Ekspornya

5. Nutrisari Produk yang Berasal dari PT. Nutrifood

Nutrisari Produk yang Berasal dari PT. Nutrifood
gambar: openfoodfacts

Produk Indonesia yang mendunia selain makanan ada juga minuman sari buah dari Indonesia yaitu nutrisari dari PT. Nutrifood. Perusahaan ini meluncurkan produk minuman kemasan pada tahun 1979 dengan kandungan nutrisi seperti vitamin c serta 6 vitamin dan 2 mineral lainnya sehingga sangat digemari

Memang produk minuman dengan rasa jeruk sangat akrab di lidah orang Indonesia namun seperti yang diketahui tidak hanya rasa jeruk saja yang diproduksi karena saat ini sudah ada nutrisari berbagai varian. Namun produk ini diganti dengan nama Nutri C saat dijual di negara-negara lain.

6. Kopiko dari PT. Mayora Indah Tbk

Produk Indonesia Populer yang satu ini juga sangat digemari bahkan sangat populer di luar negeri. Kopiko sendiri terbuat dari ekstrak kopi dan krim susu dengan bahan-bahan tambahan lainnya yang membuat rasanya begitu nikmat bahkan digemari tidak hanya di Indonesia namun juga beberapa negara lain.

Bahkan Kopiko bisa dikatakan sangat sukses karena sudah berhasil menembus 50 negara mulai dari Belanda, Jerman, Australia, Saudi Arabia hingga Afrika Selatan. Efek dari permen Kopiko juga diklaim sama seperti apa ketika Anda meminum kopi dengan rasa yang lebih nikmat.

7. Silver Queen dari PT. Petra Food

Siapa sangka jika coklat Silver Queen yang bisa dengan mudah Anda temukan di mini market adalah produk Indonesia yang mendunia dan didirikan sejak tahun 1950. Silver Queen di bawah naungan PT. Petra Food, bekerjasama dengan Procter and Gamble dimana mereka juga mengelola Ceres dan Delfi.

Ternyata ada sejarah di balik coklat yang sangat digemari ini dimana dulunya pada tahun 1942 ketika Jepang menjajah Indonesia, Belanda berusaha meninggalkan Garut dan menjual aset perusahaan coklatnya dengan harga murah. Dari situlah pada tahun 1950 coklat mulai dibuat atau diproduksi batangan.

READ  Pengertian Door to Door dan Port to Port

8. Polytron dari PT. Indonesian Electronic and Engineering

Polytron juga salah satu produk Indonesia yang mendunia, perusahaan ini didirikan pada 1975 tepatnya di Kudus Jawa tengah dengan nama PT. Indonesian Electronic and Engineering. Kemudian pada tahun 1976 berubah nama menjadi Hartono istana elektronik dan merupakan salah satu anak perusahaan dari Djarum Group.

Ya, tidak hanya makanan saja, Polytron adalah perusahaan yang membuat berbagai macam elektronik seperti televisi kulkas mesin cuci dan lain-lain dan berhasil mengekspor produknya ke luar negeri. Anda bisa menemukannya di negara-negara seperti Thailand, Myanmar, Bangladesh hingga Arab Saudi.

9. Eiger dari PT. Eigerindo Multi Produk Industri

Eiger dari PT. Eigerindo Multi Produk Industri
gambar: eigeradventure

Eiger adalah salah satu produk Indonesia yang mendunia, brand ini menjual peralatan outdoor mulai dari sepatu, tas, pakaian dan peralatan rekreasi alam lainnya. Jika Anda memiliki hobi outdoor seperti mendaki, panjat tebing dan lain-lain sudah pasti tidak asing dengan brand ini.

Eiger adalah salah satu brand asli Indonesia yang sudah ada sejak 1979 bahkan pada tahun 1992 berhasil mendapatkan penghargaan oleh pemerintah. bahkan brand yang satu ini sudah merambah di berbagai negara seperti Filipina, Jepang hingga Lebanon dengan produk yang sama yaitu menjual alat-alat outdoor.

Bahkan masih banyak produk lainnya yang berasal dari dalam negeri namun mampu menembus pasar internasional bahkan juga digemari di berbagai negara. Apalagi Indonesia penuh dengan sumber daya alam sehingga jika dimanfaatkan dengan baik tentu saja akan memunculkan produk-produk baru.

Tanpa disadari memang beberapa produk yang sudah membantu keseharian Anda berasal kreativitas anak bangsa. Jadi tidak ada salahnya jika Anda terus mendukung produk Indonesia agar berkembang hingga pasar internasional karena kualitas produk Indonesia yang mendunia patut dibanggakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FAST RESPONSE

If you have any questions about our services, we would love to hear from you. Please Call Us Today.

CONTACT US

18 Office Park 10th A Floor TB Simatupang Street No. 18, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

+62-812-9031-1909