Pengertian Perdagangan Internasional

Pengertian Perdagangan Internasional

Menurut perkembangan sekarang ini pengertian perdagangan internasional mengacu terhadap sebuah jalinan kerjasama perdagangan antar negara. Berbeda dengan perdagangan dalam negeri, perdagangan ini diselenggarakan oleh dua negara dan juga komponennya seperti lembaga, individu atau lainnya.

Banyak di antara negara menganggap kegiatan ini menjadi faktor penting untuk menambah pendapatan negara. Langkah ini telah dilakukan sejak dahulu dan mempengaruhi perkembangan industri, perkembangan transportasi global dan perusahaan internasional.

Feri yunanda dalam tulisannya mengatakan bahwa kegiatan perdagangan internasional merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan antar negara baik dalam pemerintahan maupun lintas sektoral.

Untuk melakukannya antara dua belah pihak harus membuat kesepakatan terlebih dahulu. langkah ini merupakan upaya untuk menyatukan tujuan maupun persepsi keduanya supaya menghilangkan adanya sebuah perselisihan di kemudian hari.

Dari keterangan terkait pengertian perdagangan internasional dapat dikatakan sebagai upaya atau jalinan kerjasama dua negara atau lebih yang memiliki hubungan kerjasama bilateral. Baik bersifat regional, maupun multilateral.

Kerjasama regional berarti kesepakatan antar beberapa negara pada kawasan tertentu seperti ASEAN, OKI, Asia dan lain sebagainya. Sedangkan multilateral beberapa negara dengan tidak ada batasan wilayah atau kawasan seperti pasar bebas.

Beberapa Teori Pengertian Perdagangan Internasional dari Para Ahli

Beberapa Teori Pengertian Perdagangan Internasional dari Para Ahli
gambar: pixabay

Amir SM dalam Suatu Penuntun Impor Ekspor (1984) mengatakan bahwa perdagangan internasional sangat rumit karena terdapat sekat sistem politik yang dapat menghalangi proses jalinan kesepakatan. Berikut beberapa pendapat para ahli.

See also  Cara Ekspor Barang

1. Perdagangan Internasional Menurut Adam Smith

Mengacu panda pengertian perdagangan internasional Adam Smith proses lebih fokus pada sebuah keuntungan absolut apabila semua memberlakukan sistem pasar bebas. Karena proses impor sebenarnya untuk memenuhi ekspor barang negara lain.

Hal ini membuktikan apabila sebuah negara mampu membuat cost rendah bahkan lebih pasti sangat menguntungkan bagi produsen tersebut. sehingga produksi jenis yang sama tidak memiliki alasan untuk ikut dalam proses perdagangan internasional.

2. Pendapat David Ricardian Terhadap Perdagangan Internasional

Dia mengatakan bahwa setiap negara yang memiliki kompetensi membuat produk harus melibatkan diri dalam proses perdagangan. Menurut penjelasannya kegiatan ini harus lebih kompetitif karena pasar mereka sama, tinggal bagaimana strategi penjualannya.

Langkah ini dianggap lebih menguntungkan karena sebuah negara dengan kemampuan produksi tidak harus mengisolasi barang bagi negaranya sendiri. Dalam perkembangannya model ini dibuat secara matematis dan terperinci untuk pembelajaran ekonomi perdagangan.

3. Teori Heckcher-Ohlin

Toori ini sebenarnya lebih mengadopsi Ricardian akan tetapi dipoles agar tampil komperatif. Tujuannya untuk menerangkan tentang keberadaan negara memberlakukan secara lebih proses perdagangan yang mereka lakukan.

Hechsceh mengatakan bahwa seharusnya negara melakukan kegiatan ekspor secara besar dan mengimpor barang langka. Kemudian diproduksi kembali menjadi barang ekspor berkualitas berbeda dari sebelumnya. Cara ini lebih berani dan lebih mandiri dari produksi barang saja.

4. Teori Spesifik Oleh Jacob Viner

Berlandaskan pengertian perdagangan internasional, faktor teori ini yaitu dengan asumsi spesifik. Artinya proses kerjasama perdagangan sebuah negara tidak memperbolehkan berganti antara komitmen satu industri dan lainnya sebagai respons atas perubahan pasar.

Jacob Viner beranggapan bahwa terdapat dua faktor utama di dalam sebuah sistem ekonomi. Pertama yaitu faktor spesifik misalnya lahan dan capital dan selanjutnya adalah faktor berpindah. Sering kita sebut dengan tenaga kerja.

See also  Cara Ekspor Ikan Hias

5. Adopsi Teori Gravitasi Dagang Ala Jan Timbergen

Terinspirasi dari teori gravitasi Isac Newton, Timbergen membuat perkiraan bahwa hubungan perdagangan berdasarkan dilihat dari segi pendapatan domestic bruto. Selain itu juga biaya yang dikeluarkan untuk perdagangan antar kedua belah pihak negara.

Hukum gravitasi newton digunakan sebagai landasan berpikir, yaitu dengan cara membandingkan besar pendapatan kotor (bruto) dengan biaya dalam sekali transaksi. Anggapan ini dikuatkan dengan bukti empiris oleh analis ekonomerti.

Faktor Pendorong dan Penyebab Terjadinya Perdagangan Internasional

Faktor Pendorong dan Penyebab Terjadinya Perdagangan Internasional
gambar: pixabay

Apabila dicocokkan dengan pengertian perdagangan internasional, ada beberapa penyebab dan faktor pendorong terjadinya kegiatan tersebut. Keduanya bagaikan sebuah sisi saling berhubungan untuk memperlancar proses.

Ada beberapa penyebab perdagangan internasional, di antaranya adalah

1. Proses Revolusi Besar-besaran Transportasi dan ITE

Fator teknologi dan informasi berpengaruh terhadap meningkatnya perkembangan sebuah perdagangan karena masyarakat sudah tidak lagi dibatasi oleh ruang. Untuk mode transportasinya sendiri saat ini juga banyak agen khusus yang mengantarkan ke mana saja.

2. Kebutuhan Bersifat Interpendensi

Artinya setiap negara memiliki keunggulan tersendiri dari beberapa aspek seperti sumber daya baik alam maupun manusianya. Sehingga mampu membaca kondisi pasar sesuai dengan kemampuan mereka

3. Adanya Kebebasan Ekonomi (Liberalisasi)

Adanya proses bertransaksi yang bebas memang ada dalam pengertian perdagangan internasional. Kesempatan tersebut digunakan oleh mayoritas negara produsen untuk mengandalkan apa yang dimiliki sebagai sumber pendapatan

4. Pendapatan Devisa

Salah satu sebab paling berpengaruh pada proses perdagangan internasional adalah untuk menjaga stabilitas pemasukan devisa negara. Oleh karenanya ada simpanan cadangan devisa untuk pembangunan.

Faktor Pendukung Terjadinya Perdagangan Antara Lain Adalah

1. Proses Ekonomi Liberal

Proses pendapatan ekonomi serba bebas merupakan sebuah kesempatan untuk menambah hasil kekayaan negara. Dengan begitu jumlah devisa yang dihasilkan terus bertambah dan rencana pembangunan dalam negeri terjamin dan berjalan sesuai rencana.

2. Jumlah Kekayaan Sumber Daya Dari Alam

Masing-masing pemerintahan sebuah negara pasti memiliki perbedaan sumber daya alam. Dengan adanya perdagangan antar negara ini maka mereka saling kerjasama mendapatkan bahan untuk memenuhi kekurangan di internal negeri mereka masing-masing

See also  Cara Mencari Buyer Luar Negeri

Tujuan Adanya Kerjasama Perdagangan Internasional

Berpedoman melalui pengertian perdagangan internasional, selain pemenuhan kebutuhan barang di dalam negara. Kegiatan ini juga memiliki tujuan lain. Di antaranya adalah

  1. Perluasan pasar. Artinya sebuah negara pasti menginginkan produksinya tidak hanya dikenal pada beberapa negara saja, jika memungkinkan harus menguasai pasar sehingga produksi terus meningkat.
  2. menginkatkan pendapatan sebuah negara. Kita tahu bahwa perlu adanya pemasukan secara berkelanjutan pemasukan untuk pembangunan dalam negeri sehinga perlu melakukan ekspansi besar terhadap pasar global untuk menambah jumlah cadangan devisa mereka.
  3. menguatkan sektor ekonomi. Hal ini dilakukan melalui stabilisasi harga baik domestik maupun luar negeri dan menyerap banyak tenaga baru
  4. Upaya peningkatan sumber daya manusia. Berdasarkan pengertian perdagangan internasional, upaya agar proses berjalan lancar adalah tercapainya tenaga terampil untuk perkembangan teknologi.

Beberapa Manfaat Perdagangan Internasional Bagi Perkembangan Ekonomi

Beberapa Manfaat Perdagangan Internasional Bagi Perkembangan Ekonomi
gambar: pixabay

Perlu diketahui pengertian perdagangan internasional dan manfaatnya adalah menambah keuntungan bagi negara yang terlibat proses tersebut. sisi lainnya ada beberapa manfaat terjadinya kegiatan ini, di antaranya

  1. Sebagai sarana mempererat hubungan kerjasama antar bangsa . hubungan ini bersifat bilateral dan multilateral sehingga tertanam rasa saling membutuhkan antar negara.
  2. Dari pengertian perdagangan internasional dapat dilihat proses saling bantu antara dua negara atau lebih. Seperti percepatan proses pembangunan dalam negeri
  3. Mengundang banyak investor untuk tertarik menanamkan modalnya bagi proyek pemerintah maupun swasta. Sehingga bermanfaat sebagai jalan menambah devisa negara.
  4. Berawal dari pengertian perdagangan internasional tersebut sangat bermanfaat untuk mendapatkan produk barang mancanegara sehingga mereka bisa memilih berbagai macam barang sesuai keinginan dan kebutuhan di setiap negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FAST RESPONSE

If you have any questions about our services, we would love to hear from you. Please Call Us Today.

CONTACT US

18 Office Park 10th A Floor TB Simatupang Street No. 18, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

+62-812-9031-1909