Cara Import Barang dari China

Cara Import Barang dari China

Cara import barang dari China sudah banyak dicari oleh masyarakat. Dengan murah Anda bisa memesan barang yang banyak, terlebih adanya beberapa kebijakan memudahkan impor.

Tidak dapat dipungkiri jika China sangat produktif dalam industri berbagai produk, baik tekstil, suku cadang kendaraan, furnitur, makanan, dan sebagainya. Bahkan produk dihasilkan juga berkualitas baik.

biaya murah tentunya dijadikan incaran karena dapat dijadikan lahan bisnis bagi para pengusaha Indonesia. Masyarakat Indonesia tentunya akan mengincar barang murah dan berkualitas baik.

Untuk kualitasnya sendiri China berani bersaing dengan berbagai produk negara lain. Berbagai pilihan model produk juga beragam dan menarik untuk dimiliki.

Bahkan untuk negara produsen produk serupa, China berani beradu kualitas dan juga biaya. Oleh sebab itu cara import barang dari China meresahkan pedagang lokal.

Berbagai kebijakan dilakukan kedua negara agar kestabilan ekonomi masing-masing tetap terjaga. Kedua pihak biasanya akan saling menguntungkan karena hanya beberapa produk saja yang boleh beredar di negara masing-masing.

Kelebihan Produk China yang Membuat Laris di Pasaran

Kelebihan Produk China yang Membuat Laris di Pasaran
gambar: pixabay

Produk China banyak diminati di berbagai belahan dunia karena produknya bisa bersaing dengan produk lama yang sudah terkenal sekalipun. Salah satu contohnya ponsel pintar, di mana negara tersebut bisa meniru sedemikian rupa suatu kualitas produk tetapi ongkos produksi lebih murah.

Walaupun ada berbagai kekurangan dibanding produk pesaing terkait ketahanan produk, tetapi kemampuannya tidak berbeda jauh. Para pesaing akhirnya tidak bisa menaikkan harga jual dengan bebas.

Hal tersebut serupa dalam bidang tekstil. Berbagai model unik dan baru dengan cepat banyak beredar di pasaran dengan biaya rendah.

Rendahnya biaya tekstil dari China dikarenakan produksi masal yang cepat karena kekuatan buruh dan infrastruktur memadai. Sehingga produk dapat diproduksi dengan cepat dan murah.

See also  Pelayaran Terbesar di Dunia

Walau murah model busana dijual tidak berkualitas sembarangan, bahkan beberapa ada yang lebih baik daripada produk pesaing mapan. Bahkan modelnya pun beragam sehingga sangat memanjakan mata.

Kelebihan dari cara import barang dari China juga terletak pada cepatnya pengiriman dan administrasi. Hal tersebut dikarenakan pemerintah memberikan beberapa kelonggaran akibat adanya kesepakatan kerja sama.

Anda bisa melihatnya juga pada bidang produksi pangan. Di mana negara tersebut, memiliki industri pertanian berteknologi tinggi sehingga sangat cepat panen dengan hasil buah yang tebal dan juga manis.

Belum lagi kemurahan biaya menjadikan produk pangan dari China lebih dipilih. Belum lagi adanya cita rasa negara tersebut yang sangat cocok dengan lidah masyarakat Indonesia.

Cara import barang dari China ini juga akan mengundang banyak keuntungan bagi pelaku importir. Dengan banyaknya jenis dan berkualitas tinggi para pedagang akan cepat dapat untung dengan produk yang berasal dari negara luar itu.

Langkah-langkah menjadi Importir barang China

Langkah-langkah menjadi Importir barang China
gambar: pixabay

Salah satu cara import suatu barang dari China adalah dengan marketplace. Beberapa platform belanja berbasis website sudah bisa melakukan perbelanjaan lintas negara.

Contoh situs import barang China adalah alibaba.com, aliexpres.com, 1688.com, tobao.com, jd.id golbal, lazada global dan lainnya. Berbagai kemudahan ditawarkan dengan cepat di dalamnya.

Tidak perlu takut terkendala bahasa saat akan memesan karena ada beberapa terjemahan otomatis yang membuat Anda bisa berkomunikasi dengan baik salah satunya adalah 1688.com bahasa Indonesia. Terlebih disediakan fitur interaktif berupa chat hingga live video.

Anda tinggal melihat katalog yang diberikan oleh penjual. Menanyakan produk, dan bernegosiasi lalu mulai kesepakatan, dan catat kontak penjual untuk memantau pengiriman.

Jika Anda memesan lewat marketplace ada beberapa keterbatasan diantaranya adalah tidak bisa mengirim produk terlalu banyak. Oleh karena itu biasanya para pemesan akan menggunakan cara import barang dari China ini untuk melihat satu atau dua jenis barang sebelum memesan secara grosir.

See also  Alat Pembayaran Perdagangan Internasional

Tetap rutin untuk menghubungi supplier barang dari China agar Anda tahu kapan pemesanan itu telah selesai. Saat pengiriman sampai ke Indonesia, tinggal berikutnya Anda bisa mengurus pengambilan baik di pelabuhan atau bandara.

Kelebihan cara import suatu Barang dari China ini adalah Anda tidak perlu memikirkan pengurusan dokumen. Dan tentunya ongkos akan sangat rendah, belum lagi Anda tinggal mencatat data perjalanan pengiriman dan cara pengemasan diinginkan saat memesan.

Cara Import dari China dengan Jasa Importir

Ada berbagai cara import barang dari China dalam jumlah berlebih. Salah satunya adalah memakai jasa pengirim lintas negara.

Dalam penggunaan cara import suatu barang dari China ini pemesan akan dibebankan biaya yang lebih mahal, tetapi persyaratan dokumen akan lebih mudah karena akan dibantu pengurusannya.

Beberapa kemudahan juga ditawarkan diantaranya, tidak perlu repot menawar biaya karena jasa pengiriman akan mencari penjualan dengan biaya yang paling murah. Anda juga tidak perlu memikirkan penyedia yang sesuai karena jasa ini nantinya akan menawarkan banyak penyedia produk diinginkan.

Kemudahan lain dari cara import barang dari China adalah produk biasanya akan dijamin dengan asuransi. Sehingga Anda tidak perlu khawatir produk rusak ataupun hilang karena akan diganti kerugiannya oleh mereka.

Tetapi jasa ini juga tetap membutuhkan bantuan Anda apabila produk yang akan dipesan berjumlah lebih dari berat maksimal atau terhadap kiriman yang dibatasi oleh regulasi. Bantuan Anda adalah mengurus dokumen impor.

Hal tersebut dilakukan untuk menjamin kiriman Anda tidak mengganggu kestabilan ekonomi dan juga dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Biasanya penyerahan dokumen dilakukan saat produk sampai di pelabuhan atau bandara.

Dokumen yang dibutuhkan antara lain Akte badan usaha, NPWP, TDP, NIK (Nomor Identitas Kepabeanan), SIUP, dan API atas nama perusahaan. Anda akan dibimbing untuk bisa melakukan pemenuhan berkas dan dapat dikonsultasikan kepada pihak terkait.

See also  Jenis-Jenis Kargo

Kemudahan tersebut bisa Anda dapatkan dengan menghubungi berbagai jasa pengiriman dalam negeri yang terafiliasi dengan negara terkait. Pastikan jasa perdagangan lintas negara yang Anda gunakan dapat dipercaya untuk mencegah penipuan.

Peluang Bisnis Sebagai Importir Barang China

Peluang Bisnis Sebagai Importir Barang China
gambar: pixabay

Berbagai keuntungan ditawarkan oleh usaha ini. Anda bisa dengan mudah menjual kembali produk yang telah Anda pesan dari China di pasaran dalam negeri.

Mulai dari buah, alat elektronik, busana, dan berbagai alat-alat rumah tangga. Dengan ongkos murah Anda bisa menjual kembali dan cepat mendapat keuntungan.

Belum lagi dengan beberapa kebijakan free shiping, di mana akan dibebaskan biaya kirim dan juga bea masuk. Hal tersebut bisa membuat Anda memangkas biaya dan menurunkan harga jual.

Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah kualitas produk dari cara import barang dari China. Anda bisa mengecek terlebih dahulu dengan memesan beberapa contoh dengan menggunakan marketplace seperti telah dijelaskan di atas.

Hindari memesan produk yang tidak jelas biayanya seperti terlalu murah. Baca dengan teliti deskripsi produk dan kenali penyalur dengan baik.

Bentuk gaya komunikasi yang jelas agar ketersediaan produk Anda selalu update dengan model baru. Jangan sampai Anda kalah banyak jenis model dengan pesaing dan cermati permintaan pasar domestik.

Kenali pengurusan dokumen administrasi tepat saat memesan dalam jumlah banyak. Jangan sampai pengiriman Anda gagal sampai karena tidak taat administrasi.

Berbagai kemurahan ditawarkan dengan baik dan menguntungkan didorong oleh regulasi untuk kemudahan. Pelajari dengan baik cara import barang dari China dan jadi pengusaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FAST RESPONSE

If you have any questions about our services, we would love to hear from you. Please Call Us Today.

CONTACT US

18 Office Park 10th A Floor TB Simatupang Street No. 18, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

+62-812-9031-1909