Potensi Komoditas Ekspor Kalimantan

Potensi Komoditas Ekspor Kalimantan

Potensi komoditas ekspor Kalimantan memang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Bukan hanya dari sektor alam seperti pertanian dan perhutanan, namun juga dari sektor lain.

Kebanyakan memang merupakan sektor alam, baik minyak dan gas atau sejenisnya. Namun faktanya masih ada banyak komoditas lain yang memiliki potensi.

Salah satu dari beberapa pulau utama Indonesia tersebut memang memiliki sumber daya alam berlimpah. Apalagi dalam beberapa tahun mendatang akan ada perubahan besar dimana pusat ibukota akan berpindah ke Kalimantan.

Tentu ini akan membuat banyak produksi semakin meningkat dan tentunya pasar internasional menjadi lebih ramai.

Neraca perdagangan juga setiap tahun mengalami peningkatan hasil dari berbagai sektor. Dari beberapa provinsi yang ada semuanya menyimpan potensi masing-masing.

Wilayah seperti bagian timur dan utara pulau menjadi yang terdepan. Bahkan dengan banyak pusat kota berada di daerah sekitar pelabuhan yang membuat cukup ramai.

Potensi Sektor kehutanan dan Perkebunan

Potensi Sektor kehutanan dan Perkebunan
gambar: pixabay

Kalimantan terkenal dengan memiliki hutan lebat yang cukup besar. Banyak hasil dari hutan yang biasanya diolah terlebih dahulu atau belum diolah.

1. Bahan dari kayu

Sektor kehutanan adalah satu dari banyak potensi komoditas ekspor Kalimantan yang sudah mendapat banyak pasar internasional. Memang produksi kayu dari pulau ini cukup besar mengingat potensinya yang tidak ada habisnya.

Memiliki tanah subur membuat Kalimantan sangat cocok untuk produksi kayu secara industri tanpa merusak lingkungan.

Potensi sektor kehutanan memang menjadi salah satu prioritas unggulan karena menghasilkan banyak kayu berkualitas. Sebut saja kayu besi yang dianggap sangat kuat sehingga cocok dipakai untuk banyak keperluan.

READ  Pengertian COO

Pada tahun 2018 saja setidaknya nilai yang sudah dihasilkan dari sektor ini telah mencapai 8.730.491 USD.

2. Bahan dari karet

Karet memang sangat banyak tumbuh di Kalimantan baik melalui perkebunan skala besar atau perkebunan rakyat. Potensinya juga sangat besar mengingat ada banyak lahan subur tersebar di seluruh provinsi.

Provinsi Kalimantan Barat misalnya pada tahun 2018 sudah memiliki nilai ekspor hingga 8.230.888 USD.

Selain itu, beberapa provinsi lain juga menjadikan karet sebagai salah satu komoditas utama. Hampir semua kawasan di Kalimantan memiliki tanah subur yang cocok dengan karet.

Apalagi aktivitas perdagangan juga terus mengalami peningkatan yang cukup tajam, terutama dengan jalur laut yang cukup ramai.

3. Perkebunan sawit

Jika membahas mengenai potensi komoditas ekspor Kalimantan tentu tidak bisa dilepaskan dari perkebunan sawit. Selain Sumatera, Kalimantan menjadi daerah dengan banyak perkebunan sawit berdiri.

Banyak perusahaan yang memilih untuk terjun dalam dunia agro seperti sawit karena nilai ekspor yang sangat besar dan cukup menguntungkan.

Potensi Hewani dan Produk Alam

Potensi Hewani dan Produk Alam
gambar: pixabay

Mengingat tanah yang subur dan cukup luas, ada banyak produk alam yang bisa dimanfaatkan. Bahkan beberapa produk hewani juga cukup memberikan nilai pada pendapatan daerah di beberapa kawasan.

1. Buah-buahan

Salah satu potensi komoditas ekspor Kalimantan adalah hasil buah-buahan yang cukup besar. Hutan rakyat menyimpan banyak tanaman asli dan buah asli sehingga memberikan nilai lebih.

Banyak buah-buahan berasal dari tanah Kalimantan mendapat sambutan hangat pasar internasional, misalnya adalah durian khas dari Kalimantan.

Ada juga beberapa jenis buah-buahan lain seperti pisang kepok yang sudah dijual ke Malaysia. Daerah timur pulau menjadi yang terdepan dalam melakukan ekspor pisang kepok ke luar negeri.

Apalagi kualitas dan mutu terjaga membuat produk alam ini mendapat sambutan hangat dari negara tetangga.

READ  Contoh Invoice

2. Lemak hewani dan nabati

Potensi ekspor produk alam juga ada pada minyak hewani dan nabati. Produk jadi seperti ini dihasilkan paling banyak dari daerah Kalimantan Utara.

Nilainya juga cukup besar karena pasar internasional sangat menyukai produknya. Terlebih lagi karena diolah dengan mutu tinggi.

Misalnya saja pada tahun 2018, nilai dari produk ini telah mencapai hampir 30 juta USD. Tentu saja potensi yang besar seperti ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Apalagi hutan tidak pernah kehabisan produk alami seperti madu dan lemak lain sehingga menjadi salah satu prioritas utama.

3. Ikan dan invertebrata air

Jenis ikan dan hewan air juga merupakan salah satu potensi komoditas ekspor Kalimantan Utara yang cukup mendapat perhatian.

Nilai ekspor pada tahun 2013 saja telah mencapai angka 92 juta USD. Tentu angka yang cukup besar mengingat banyak sekali potensi ikan dan invertebrata sejenisnya.

Potensi dari Sektor hasil Pertambangan

Potensi dari Sektor hasil Pertambangan
gambar: pixabay

Kalimantan memang dikenal dengan banyak hasil pertambangan yang tersebar luas. Bahkan banyak perusahaan asing yang tertarik untuk menanamkan modal demi meningkatkan hasil pertambangan tersebut.

1. Batubara

Tidak bisa dipungkiri memang bahwa batubara adalah salah satu potensi komoditas ekspor Kalimantan yang paling besar. Hampir setiap daerah pasti memiliki pertambangan batubara dalam jumlah besar.

Lokasinya juga tidak selalu berada di daerah dekat laut, namun tidak jarang terdapat banyak pertambangan pada daerah pedalaman.

Tanam gambut menjadi salah satu alasan mengapa banyak batubara tersimpan akibat proses jangka panjang. Beberapa negara seperti Filiphina, Jepang dan Malaysia adalah tujuan ekspor batubara.

Nilai ekspor batubara juga sangat besar sehingga mampu memberikan pemasukan kepada daerah dan negara dalam jumlah tidak sedikit.

2. Kondensat

Kondensat menjadi hasil dari pertambangan yang cukup banyak diproduksi di Kalimantan. Apalagi kebutuhan pasar juga masih cukup besar dan membuat kondensat sangat diterima di pasar internasional.

READ  Komoditas Ekspor Impor Singapura

Negara tetangga sering meminta produksi kondensat dari Kalimantan karena dianggap memiliki nilai mutu yang sangat baik daripada lainnya.

3. Mineral alam

Pertambangan mineral memang banyak jenisnya dan tersebar luas di seluruh wilayah. Gas alam menjadi salah satu hasil dari produksi mineral dari Kalimantan.

Misalnya saja ekspor mineral alam dari Kalimantan Timur pada tahun 2015 mampu mencapai angka 4 juta USD dan terus meningkat nilainya sepanjang tahun.

Potensi dari Beberapa Sektor Lain

Potensi komoditas ekspor Kalimantan juga ada dari beberapa sektor strategis lainnya. Sebut saja dari industri besi hingga industri perangkat mesin.

1. Industri besi

Industri besi dan baja cukup maju di beberapa wilayah, terutama daerah dekat pertambangan.

Hasil pertambangan biji besi dan biji baja menjadi lebih banyak seiring bertambahnya teknologi pertambangan modern.

Selain itu luas konsensi lahan pertambangan juga bertambah untuk menggali simpanan mineral alam yang masih banyak terkandung.

2. Perangkat mesin

Perangkat mesin juga menjadi salah satu potensi komoditas ekspor Kalimantan mengingat industri mulai cukup berkembang.

Beberapa daerah seperti Banjarmasin dan Pontianak memiliki beberapa industri modern. Mesin-mesin modern diproduksi secara masal dan demi memenuhi kebutuhan dalam negeri dan sisanya akan dijual ke luar negeri.

Perangkat optik juga menjadi salah satu komoditas utama di beberapa wilayah, misalnya Kalimantan Tengah.

Data pada tahun 2018 saja sudah menunjukkan bahwa nilai total ekspor perangkat optik sudah mencapai angka lebih dari 6 juta USD

Pulau yang akan menjadi ibukota baru di masa mendatang tersebut memang menyimpan banyak potensi.

Bukan hanya potensi alam seperti kehutanan namun juga mineral alam. Selain itu potensi komoditas ekspor Kalimantan juga terus meningkat setiap tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FAST RESPONSE

If you have any questions about our services, we would love to hear from you. Please Call Us Today.

CONTACT US

18 Office Park 10th A Floor TB Simatupang Street No. 18, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

+62-812-9031-1909